Mochi Bogor

Bogor,Seruu.Com - Ambar mengatakan kota Bogor selain talas masih banyak buah-buahan lain yang tumbuh subur, bahkan memiliki ciri khas sendiri, seorang Ibu yang mengembangkan beberapa buah lokal untuk dijadikan buah tangan khas Bogor.

 
Itulah alasan pertama Ambar mengembangkan Mochibo, nama panganan yang merupakan singkatan dari Mochinya Bogor. Bulatan tepung beras ketan yang kenyal tersebut membungkus aneka buah lokal yang tumbuh di Bogor.
 
Ambar mengatakan, Mochibo tersebut berisikan empat buah lokal Bogor yaitu talas, pala, nanas, dan stroberi, juga rasa lain seperti coklat, kacang, dan keju.
 
Buah-buahan lokal tersebut lah yang membuat mochi tersebut berbeda dengan mochi-mochi daerah lainnya. Meski ia mengutamakan isi buah, tapi tetap menyediakan variasi rasa coklat, keju, dan kacang seperti mochi pada umumnya.
 
Buah yang digunakan dalam Mochibo ialah buah dalam bentuk aslinya, tidak dibuat selai ataupun krim. Untuk membuatnya butuh buah-buahan dalam keadaan segar, karena berkaitan dengan ketahanan mochinya yang tak menggunakan bahan pengawet.
 
Mochi Bogor, salah satu alternatif oleh-oleh baru dari kota hujan. Berbeda dengan mochi lainnya, ini menggunakan buah yang banyak ditemukan di Bogor, seperti talas, pala, strawberry, dan yang lainnya. Karena buah-buahannya harus fresh langsung dari kebunnya di Bogor, jadi hanya tahan lima hari diluar kulkas
 
Berukuran 3-4 centimeter untuk satu butir Mochibo, membelah kekenyalannya dengan gigitan, terasa bagian nanas yang terbelah. Ternyata yang dimakan berisikan buah nanas yang menyatu di dalam adonan beras ketan.
 
Ambar sendiri mengatakan Mochibo tersebut dibuat dengan cara handmade, menggunakan ketekunan untuk mengolah adonannya selama ber jam-jam agar bisa tahan lama dan bertekstur kenyal lagi lembut.
 
Berlokasi di Jalan Binamarga nomor 13, Baranangsiang, Kota Bogor, pabrik sekaligus tokonya tersebut ia memproduksi Mochibo dibantu 13 orang masyarakat sekitar.
 
Mengawali usaha sejak 2014, kini Mochibo semakin dicari wisatawan sebagai oleh-oleh khas Bogor, terutama bagi pecinta mochi. Ia menambahkan kerap kebanjiran permintaan ketika libur panjang dan akhir pekan, oleh karena itu pekerja pun harus ditambah.
 
Sedangkan untuk mendapatkannya, kini wisatawan dapat berkunjung ke berbagai sentra oleh-oleh hingga tempat wisata di Bogor. Di antaranya ialah Bogor Permai toko kue dan roti khas Bogor, Taman Wisata SKI, Farm File Bogor, dan lebih dari 17 sentra oleh-oleh Bogor lainnya. Untuk harga dalam satu kotak Mochi Bogor tersebut ialah Rp 20.000, berisi 10 mochi dengan berat 30 gram.  (GS)
 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU