Kerajinan Souvenir Bahan Batok Kelapa

Seruu.com - Kelapan, sudah pasti semua orang mengetahunya, namun batok kelapa merupakan limbah setiap rumah tangga. Namun, saat ini telah banyak menjadikannya sebuah souvenir yang cantik Dan Unik. Dengan kreatifitasnya, pengrajin Yogyakarta ini membuat berbagai kerajinan souvenir yang sangat antik dan lucu berbahan batok kelapa.

 

Pada umumnya batok kelapa dianggap sebagai limbah yang tidak memiliki manfaat bagi kebutuhan hidup sehari-hari. Namun, saat ini dari semua bagian pohon kelapa sudah dimanfaatkan. Batang pohon kelapa bisa digunakan sebagai bahan bangunan, daun biasanya dimanfaatkan untuk membuat kerajinan atau bisa juga dibuat ketupat. Buah kelapa sendiri memiliki banyak sekali kegunaan.

Sekarang ini ditangan orang-orang kreatif batok kelapa yang awalnya dianggap sebagai benda sampah yang mengotori lingkungan diubah menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi.

Seperti Nur Roufiq dari Yogyakarta, salah satu contoh orang kreatif yang menyulap batok kelapa menjadi berbagai souvenir pernikahan, gantungan kunci, dan lain-lain.

Hasil kerajinan yang telah dibuatnya pun sudah tembus mancanegara dengan omzet hingga miliaran rupiah.Berbagai hasil kerajinannya seperti perabotan rumah tangga, seperti sendok, sayur, tempat minum, gayung air, asbak rokok, piring dan lain-lain.

Lainnya, batok kelapa juga dapat dibuat berbagai aksesoris seperti kalung, figura, miniatur kendaraan, ukiran dan lain-lain. rt.

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU