Danau Napabale, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara

Seruu.com - Sulawesi Tenggara menyimpan sejumlah pesona wisata yang sangat menagumkan. Salah satu spot wisata menarik Kabupaten Muna, keunikan pesona Danau Napabale.

 

Bila ingin berwisata ke Sulawesi Tenggara maka mampirlah di Kabupaten Muna. Karena di daerah ini terdapat obyek wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Danau Napabale, sebuah danau yang unik karena memiliki air asin.

Mengunjungi obyek wisata ini, berarti anda mengunjungi danau sekaligus pantai. Karena di danau ini terdapat terowongan alam dengan panjang sekira 30 meter dan lebar sekira 9 meter yang terhubung langsung dengan pantai Selat Buton. Danau Napabale ini mendapatkan suplai air dari laut melalui terowongan alam tersebut, sehingga hal itu menjadikan air di danau ini terasa asin.

Bilamana air laut pasang, maka Danau Napabele ini juga akan ikut naik mengikuti pasang air laut dan terowongan alam pun juga terendam air. Namun, jika air laut sedang surut maka air juga akan berkurang sehingga terowongan alam pun juga akan terlihat kembali. Selain menyuplai air laut ke danau, terowongan alam ini pun juga dimanfaatkan oleh para nelayan setempat sebagai jalur untuk pulang dan pergi melaut.

Namun, yang pasti, dengan mengunjungi kawasan wisata Sulawesi Danau Napabale ini, akan di manjakan dengan dua pesona alam sekaligus yaitu pesona danau dan pesona laut yang memukau.

Dapat menikmati keindahan alam danau dan laut ini dengan cara berlayar di atas sampan atau juga bisa dengan cara menyelam ke dalam danau dan laut. Dengan menyelam, akan dapat menikmati panorama bawah air yang sangat menakjubkan.

Tapi, kalau tidak berani untuk menyelam ke bawah danau atau bawah laut, bisa meminta bantuan para nelayan untuk mengantarkan anda ke tengah danau. Pasalnya di tengah danau ini, terdapat tiga karang besar yang berbentuk seperti cawan, yang ditumbuhi oleh pepohonan hijau yang sangat indah dan sejuk.

Danau Napabale ini dikelilingi oleh perbukitan dan tebing yang tinggi dan terjal dengan ragam tumbuhan yang hidup di atasnya, hingga menjadikan panorama di danau ini semakin indah dan sejuk.

Setelah puas menikmati panorama Danau Napabale, kini dapat melewati terowongan menuju tepi pantai. Di tepi pantai yang indah tersebut dapat memanfaatkan waktu untuk bersantai, berjemur di tepi pantai atau bermain ombak.

Namun, bagi yang ingin menjelajahi Danau Napabale secara mendalam, dapat menyewa perahu yang telah disediakan oleh nelayan di sekitar danau. Selain itu, juga tidak perlu mencari pemandu wisata karena pengemudi perahu akan secara langsung memandu untuk menikmati keindahan wisata Sulawesi ini. Jadi tidak perlu khawatir dengan tidak adanya pemandu wisata. rt.

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU