Pantai Indrayanti di Kabupaten Wonosari Gunung Kidul, Yogyakarta (Foto: Prayitno/Seruu.com)

Wonosari, Seruu.com – Bagi penggemar wisata pantai, menikmati pantai Indrayanti tentu ada kenikmatan tersendiri. Pantai yang berada di Kabupaten Wonosari Gunung Kidul, Yogyakarta ini masih bersih dan indah pemandangannya. Belum banyak yang mengenal keberadaan pantai ini. Pihak pemkab setempat juga belum total mengelola wisata yang berjarak sekitar 26,7 kilometer arah Selatan dari kota Wonosari. Pengelolaan dilakukan oleh kelomok wisata desa sekitar.

Dari kota Yogyakarta, pengunjung harus menempuh perjalanan sekitar 42 kilometer menuju kota Wonosari. Setelah dari Wonosari. Untuk mencapai pantai Indrayanti yang sebelumnya dinamakan pantai Pulang Sawal, anda akan melewati pemandangan yang indah, dan jalan tanjakan dan berkelok-kelok

Pantai ini sangat indah dinikmati ketika pagi hari atau sore hari. Di saat pagi, udaranya terasa sangat segar. Begitu juga ketika sudah sore, suasananya sudah tidak panas terik. Jika ingin berada di pantai itu pagi-pagi, pengunjung bisa memanfaatkan homestay di sekitar pantai. Tarifnya bervariasi sekitar Rp200 ribu hingga Rp250 ribu per kamar. Jangan berharap di sekitar pantai ini ada penginapan semacam hotel berbintang.

Bagi anda yang menempuh perjalanan dengan kendaraan pribadi, harus ekstra hati-hati. Bus-bus besar yang membawa wisatawan kini sudah mulai banyak berdatangan ke pantai itu. Jalanan yang sempit terkadang membuat macet karena laju bus harus zig-zag.

Salah seorang anggota komunitas pengelola wisata Segoro Kidul, Warsito mengungkapkan, pantai Indrayanti ramai dikunjungi ketika liburan. “Dalam hari libur, pengunjung bisa mencapai 1.500 hingga 2.000 orang. Namun, pada hari-hari biasa, pengunjung sekitar 500 an. Itupun kebanyakan wisatawan dari Yogyakarta,” katanya.

Kawasan Objek Wisata Pantai Indrayanti cukup bersih bila dibanding dengan pantai-pantai yang ada di Kabupaten Gunungkidul, mempunyai pasir putih yang terhampar dari sisi Timur hingga Barat. Di bagian barat dan timur ada tebing batu karang, dan bila pengunjung ingin melihat kawasan pantai Indrayanti dari atas pengunjung bisa mendaki tebing yang berada di sisi timur dan saat kami naik ke tebing di sisi kiri,sudah dibangun jalan kecil untuk naik keatas tebing, saat naik ke atas tebing ada beberapa petugas yang siap membantu anda. Untuk naik ke atas tebing, cukup memberikan sumbangan ala kadarnya kepada pengelola wisata yang tergabung dalam Komunitas Segoro Kidul.

Untuk dapat masuk ke area objek wisata pantai Indrayanti pengunjung cukup membayar retribusi sebesar Rp.5.000 untuk satu orang.dengan tiket segitu pengunjung sudah bisa menikmati beberapa tempat objek wisata yang ada di Kabupaten Gunung Kidul diataranya yang terkenal adalah Pantai Baron, Pantai Kukup, Pantai Krakal, Pantai Drini, Pantai Sepanjang maupun Pantai Sundak. Sedang tiket parkir mobil Rp5.000 per mobil. Jika bus sekitar Rp 10 ribu. Di sekitar pantai juga ada persewaan payung, harganya Rp 20 ribu tanpa dibatasi jam. Di pantai ini juga ada persewaan jetsky. Biaya sewa tergantung lama pemakaian, paling tidak di atas Rp75 ribu.

Salah seorang pengunjung pantai, Silas Rumanti Sabarati mengungkapkan, ia dan keluarga baru pertama kali menikmati pantai Indrayanti. “Saya mendengar dari beberapa teman dan melihat di internet, ternyata Pantai Indrayanti luar biasa bagus. Mungkin keindahannya tak kalah dengan pantai Kuta Bali. Suasananyapun di sini tenang,” ujar wisatawan dari Purbalingga (Jateng) ini. [Py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (1 rates)
Rating
Peraturan Komentar