Danau Toba (Istimewa)

Simalungun, Seruu.com  - Para wisatawan antusias menyaksikan pertunjukan budaya dan perlombaan olahraga yang digelar dalam rangka menyemarakkan Pesta Danau Toba di Pantai Bebas Parapat, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, Minggu (30/12/12).
 

Ratusan wisatawan sejak pukul 09.00 WIB terlihat berkumpul di sekitar panggung terbuka Pagoda Parapat untuk menyaksikan langsung atraksi tari-tarian khas daerah dari tujuh kabupaten yang berada di sekitar kawasan Danau Toba.

"Jumlah wisatawan yang menyaksikan berbagai atraksi budaya dan olahraga dalam rangka Pesta Danau Toba hari ini lebih banyak jika dibanding kemarin," kata Johanes Simbolon, pemandu wisata di kota turis Parapat seraya menyebutkan, pengunjung yang memadati arena pertunjukan Pesta Danau Toba masih didominasi wisatawan domestik yang berasal dari berbagai kabupaten/kota di Sumatera Utara (Sumut).

Dikatakannya, kegiatan pariwisata tahunan seyogyanya tidak hanya dominan disaksikan wisatawan domestik, tetapi juga turis mancanegara atau wisman. Untuk meningkatkan arus kunjungan wisatawan asing pada saat penyelenggaraan Pesta Danau Toba, menurut Johanes, pemerintah perlu lebih awal secara gencar  mempromosikan kegiatan pariwisata ke sejumlah negara.

Pelaksana tugas Gubernur Sumut Gatot Pujo Nugroho saat membuka Pesta Danau Toba 2012 pada 28 Desember, berharap momentum kegiatan pariwisata tersebut turut berperan menjadikan Danau Toba sebagai ikon pariwisata Global Geopark Network (GGN) yang telah diusulkan ke United Nations Educational Scientific and Cultural Organization (UNESCO).[ANt/Byn]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
Peraturan Komentar