Arung jeram di Sungai Serayu, salah satu daya tarik potenmsi wisata di Banjarnegara. Pada Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2013 yang akan digelar 24-31 Agustus 2013 mendatang, akan digelar kejuarana arung jeram tingkat internasional. (py)

Banjarnegara, Seruu.com - Meskipun Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2013 baru akan digelar 24-31 Agustus 2013 mendatang, namun jauh-jauh  hari Pemerintah Kabupaten Banjarnegara (Jateng) mulai gencar mempromosikannya.

Selain itu, Pemkab Banjarnegara juga mendesak kepada Pemkab Purbalingga agar segera mewujudkan bandara Wirasaba di Desa Wirasaba, Kecamatan Bukateja, Purbalingga sebagai bandara komersial. Itu terkait target kunjungan wisatawan, dimana FSB ditargetkan akan dikunjungi 150 ribu wisatawan nusantara dan kurang lebih 1000 wisatawan mancanegara.

Wakil Bupati Banjarnegara Hadi Supeno menjelaskan, FSB yang dibiayai dengan APBD sekitar Rp 400 juta lebih, akan digelar secara spektakuler.Pihaknya ingin menunjukkan kepada seluruh masyarakat Indonesia maupun internasional, bahwa Banjarnegara layak sebagai destinasi wisata yang unik, setelah Borobudur dan Dieng. Dan FSB ini sekaligus untuk mensukseskan Visit Jateng tahun 2013.

“FSB yang baru pertama kami gelar, selain Festival Dieng yang rutin kami gelar setahun sekali  di bulan Juli, sebagai upaya penyelamatan Daerah Aliran Sungai (DAS) Serayu. Selain itu, sebagai upaya mengoptimalkan potensi Sungai Serayu yang mengalir di Banjarnegara dari aspek mitos, historis, sosial, ekonomi dan lingkungan. Juga untuk mengenalkan Sungai Serayu kepada masyarakat nasional maupun internasional," ujar Hadi Supeno, Minggu (11/11/2012).

Selama FSB digelar, lanjut Hadi Supeno, digelar berbagai kegiatan. Diantaranya sedekah kali yang ditandai penebaran bibit ikan oleh tokoh Bima, parade festival serayu, gelar seni dan budaya, sendratari Babad Banjarnegara, gelar potensi  agro dan produk kreatif, lomba arung jeram tingkat internasional, lomba lari Serayu 10 K, lomba dolanan anak tradisional, terabas motor trail, dan batik carnival.Dijadwalkan, Menko Ekuin Hatta Rajasa dan Mentri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Marie Elka Pangestu akan hadir pada upacara pembuklaan FSB 2013 mendatang.  (py)

Peraturan Komentar