Kebun Raya Bogor (Istimewa)

Bogor,Seruu.com - Kebun Raya Bogor selama libur Idul Fitri 1433 H mengalami lonjakan pengunjung dibandingkat tahun sebelumnya.

Pada hari Lebaran pengunjung Kebun Raya Bogor sebanyak 3.000 orang, begitu juga pada hari Lebaran ke dua lebih banyak dibandingkan Lebaran hari pertama. Jumlah pengunjung Lebaran tahun ini jauh lebih banyak dari periode Lebaran tahun sebelumnya, karena pada hari pertama lebaran tercatat hanya 2.500 pengunjung, demikian disampaikan Koordinator Tiketing Kebun Raya Bogor, Upun, di Kota Bogor, Selasa (21/08/2012) .

Upun mengatakan, kebanyakan pengunjung yang datang terdiri dari satu keluarga. Mereka umumnya berwisata sambil menikmati suasana alam di Kebun Raya Bogor.

"Kami tidak menyediakan program khusus, biasa aja. Hanya saja, karena pengunjung banyak kita mendirikan posko kesehatan, posko keamanan serta meningkatkan layanan kebersihan," kata Upun.

Sementara itu, suasana di Kebun Raya Bogor terlihat banyak pengunjung. Mereka tersebar di titik-titik kebun raya.

Septia salah salah pengunjung dari Tangerang menyebutkan, sengaja datang berkunjung bersama keluarga untuk memanfaatkan waktu liburan di Kebun Raya Bogor.

"Lebih adem aja di Kebun Raya, sambil wisata alam, menikmati hijau kalau di Tangerang kan panas," katanya.

Berbeda dengan Septia, Ratih datang bersama suami dan dua anaknya ke Kebun Raya Bogor dengan angkutan umum. Ratih datang dari Jakarta menggunakan kereta, dari stasiun ia naik angkutan umum menuju Kebun Raya Bogor.

"Kami naik kereta berangkat pagi dari Jakarta," katanya.

Selain wisatawan domestik, Kebun Raya Bogor juga dikunjungi wisatawan mancanegara. Menurut Upun, wisatawan mancanegara cukup banyak datang ke Kebun Raya Bogor. Jumlahnya 10 persen dari total wisatawan domestik.

Padatnya pengunjung membawa untung bagi pedagang di Kebun Raya Bogor. Pedagang guci hiasan di depan Gerbang 4 Kebun Raya Bogor, Nurdin mengaku selama Lebaran barang dagangannya ramai dibeli pengunjung.

"Lumayan ramai, biasanya habis 100 guchi, bisa 300 an selama libur ini," katanya.[ant/tn]
 

KOMENTAR SERUU