Pantai Parangtritis (Istimewa)

Bantul,Seruu.com - Sekitar 21.000 orang wisatawan dari berbagai daerah mengunjungi objek wisata Pantai Parangtritis, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, pada hari kedua Lebaran 1433 Hijriah.
 

"Kami mencatat jumlah pengunjung sampai sekitar pukul 19.00 WIB, mencapai sekitar 21.000 orang," kata Subkoordinator Tempat Pemungutan Retribusi (TPR) Pantai Parangtritis, Sumanto di Bantul, Senin (20/08/2012).

Menurut dia, jumlah wisatawan tersebut sudah termasuk kunjungan ke objek wisata pantai Depok di sebelah barat Pantai Parantritis, retribusi pengunjung merupakan satu paket di dua objek wisata itu.

"Kemungkinan jumlah pengunjung masih bisa bertambah hingga malam hari nanti. Kami perkirakan ada penambahan sekitar 1.000 orang, karena biasanya rombongan bus masuk malam hari," katanya.

Menurut dia, jumlah kunjungan Senin ini melonjak drastis hingga 500 persen jika dibanding dengan kunjungan pada hari pertama Lebaran atau Minggu (19/8) lalu, dimana jumlah pengunjung sekitar 5.200 wisatawan.

"Kalau kemarin (Minggu) masih dimanfaatkan masyarakat untuk syawalan dan bersilaturahmi bersama keluarga, memang ada pengunjung yang datang tapi sebagian besar mulai terlihat siang hari," katanya.

Ia memperkirakan dengan jumlah kunjungan wisatawan sebanyak itu setidaknya dapat diperoleh pendapatan dari penarikan retribusi sebesar Rp80 juta, namun diperkirakan bisa bertambah.

Menurut dia, kendaraan wisatawan yang berkunjung ke objek wisata Parangtritis didominasi plat luar DIY, seperti B (Jakarta), L (Surabaya) dan H (Semarang) untuk roda empat, sedangkan roda dua sebagian plat AB.

"Kalau libur Lebaran biasanya wisatawan dari luar daerah, karena kalau warga setempat sudah bosan. Ini juga belum seberapa karena masih Lebaran kedua, mungkin besok akan meningkat lagi," katanya.[ant/tn]

KOMENTAR SERUU