TPI Brondong (debby/Seruu.com)

Seruu.com - Ingin berburu hasil laut segar sekaligus rekreasi bersama keluarga? Cobalah berkunjung ke TPI Brondong yang terletak di kabupaten Lamongan, tepatnya sekitar 2 jam dari arah kabupaten Gresik di Jawa Timur. Tempat Pelelangan Ikan yang hanya berjarak sekitar 6 kilometer dari Wisata Bahari Lamongan ini menjadi lokasi berkumpulnya para nelayan sekitar atau dari daerah lainnya. Begitu tiba di lokasi ini, keramaian langsung terasa dengan deretan becak bermotor yang menunggu penumpang untuk mengangkut ikan-ikan yang dibelinya. 

Berbagai hasil laut seperti ikan baronang, kakap merah, gurita, kerang-kerangan, ikan hiu hingga rajungan yang masih hidup dijual dengan harga yang relatif murah, tergantung bagaimana kita tawar-menawar dengan si pedagang. Harga pun bervariasi, seperti rajungan dijual seharga Rp 7.500,- per kilogram, gurita sekitar Rp 15.000,- atau baronang pada harga Rp 25.000,- per kilogram. Kelebihannya: semua dijual dalam keadaan segar dan bahkan ada yang masih hidup!

Walaupun sudah buka sejak pagi, pukul 1 siang biasanya merupakan waktu yang tepat untuk berkunjung ke TPI ini di mana nelayan-nelayan mulai berdatangan setelah mendapat tangkapan, dan tetap ramai hingga tutup sekitar pukul 6-7 malam.

Agar hasil laut yang kita beli tetap segar selama perjalanan pulang, bawalah box Styrofoam atau ember besar untuk menyimpan belanjaan. Es batu untuk membantu agar belanjaan tetap awet kesegarannya pun tersedia. Dengan dua lembar ribuan sudah bisa mendapatkan es dalam jumlah banyak, berbentuk kotak atau sudah diserut kasar. Disarankan mengenakan sandal karet selama berkeliling dari satu penjual ke penjual ikan lainnya.[Debby LS]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU