Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Mengisi waktu liburan memanglah sangat seru, apalagi samapi kita ikut bermalam di di tempat liburan pasti akan menjadikan liburan anda menjadi lebih berkesan.Namun biasanya bermalam atau camping di tempat wisata biasanya hanya di lakukan di alam terbuka saja seperti di hutan atau pun di bukit, namun jika anda mengisi liburan anda di pantai, cobalah untuk camping di tepi pantai.

Nahh untuk itu berikut tips camping di tepi pantai :

1. Lokasi berkemah
Hal pertama yang harus diperhatikan saat camping di pantai adalah lokasi mendirikan tenda. Hal itu bertujuan agar anda harus memperhatikan jarak tenda dengan batas air laut.

Karena Pada malam hari, air laut memang akan surut. Namun, pada dini hari air laut mulai kembali pasang dan akan berlanjut hingga pagi hari. Tempat aman untuk mendirikan tenda di pantai adalah dekat pepohonan atau semak-semak. Hal itu kemungkinan air laut tidak akan mencapai semak -semak.

2. Perhatikan kondisi tanah
Hal itu penting anda perhatikan karena jika pasang tenda di area pasir yang terlalu empuk, maka tenda akan mudah roboh. Pasir yang terlalu empuk juga akan membuat pasak tenda tidak tertancap dengan baik. Carilah permukaan dengan pasir yang lebih padat.

3. Mendirikan tenda
Membangun tenda membutuhkan ketelitian. Apalagi mendirikan tenda di atas pasir, kesulitannya akan menjadi berlipat. Sebaiknya mulailah membangun tenda sebelum hari beranjak gelap. Membangun tenda ketika gelap bisa berakibat fatal dan dapat memicu hal yang besar.

4. Tancapkan pasak lebih dalam
Setelah menemukan area berkemah dengan pasir yang lebih padat, Anda harus memperhatikan kedalaman pasak. Berkemah di pantai berbeda dengan mendirikan tenda di gunung yang tanahnya padat dan keras. Anda harus pasang pasak sedalam mungkin, karena pasir pantai tidak sekuat tanah pegunungan.

5. Siapkan alas tenda yang mudah dibersihkan
Bawalah alas tenda yang mudah dibersihkan dan mudah kering. Hindari alas tenda yang memiliki guratan, karena pasir bisa terselip di antara guratan tersebut. Air juga lebih sulit dibersihkan dengan alas yang memiliki guratan. Dan pilihlah alas berbahan karet busa yang licin. Karena Bahan ini mudah dibersihkan dari pasir dan air.

6. Perhatikan angin
Angin di pantai sangat kuat. Jika Anda tidak terlalu kuat memasang tenda, bisa dipastikan tenda Anda akan rubuh terkena terpaan angin laut. Pada malam hari, angin akan bertiup lebih kuat. Sebaiknya jangan berkemah di area terbuka. Cari tanah kosong di balik semak-semak yang cukup aman atau di bawah tebing.

7. Waspadai hewan liar
Mendirikan tenda di dekat semak-semak memang lebih aman, namun banyak binatang yang senang bersembunyi di sana. Dirikan tenda di jarak aman dari semak-semak. Buat pertahanan tambahan di sekitar tenda dengan menyebar garam.

8. Siapkan banyak air bersih
Jika Anda belum tahu apakah akan ada sumber mata air di tempat yang akan Anda datangi, sebaiknya bawalah persediaan air bersih lebih banyak. Bawalah air bersih dengan jumlah berlebih dan gunakan dengan hemat. Kehabisan air bersih saat berkemah bukan hal yang menyenangkan.

Nahh Itulah be berapa tips Jika anda ingin menghabiskan waktu liburan anda dengan camping di tepi pantai.[GriyaWisata.com]

KOMENTAR SERUU