Bangkalan, seruu.com – Kepiting rebus, kepiting goreng sudah biasa kita jumpai di warung-warung makan. Namun Kepiting Bakar Alam Bara, hanya ada diwarung Ole Olang di jalan ketengan, kecamatan Burneh, Bangkalan, Madura, sekitar satu kilometer dari jalan akses jembatan Suramadu sisi Madura.

Untuk memanjakan pelanggannya, pengelola warung Ole Olang ini, terus melakukan inovasi dalam menyajikan menu makanan, seperti menu Kepiting Bakar Alam Bara, yang disajikan dengan irisan mentimun, sambal pedas dan kemangi, siap dinikmati, dengan rasa yang tiada tara.

“Dinamakan kepiting alam bara karena di  masak ala madura yang tidak menggunakan caos dalam bahan bakunya kemudian dibakar di atas bara api,” ungkap Nur Lela, pengelola warung Ole Olang, Bangkalan, Minggu (10/7/11).

Menurut Nurlela, proses penyajian kepiting alam bara khas warung olle olang ini cukup sederhana, kepiting yang sudah dibersihkan lalu di rebus dengan bumbu hingga warnanya kecoklatan, agar bumbunya benar- benar meresap ke dalam daging kepiting.

“Kepiting ini harus di rebus selama lima menit, selanjutnya kepiting ditiriskan lalu di bungkus daun pisang, terus kepiting yang sudah di bumbu, di bakar di atas bara api hingga benar- benar matang dan siap disajikan, dengan harga per satu porsi Rp. 100.000,- dengan bisa di santap untuk tiga hingga empat orang,” ujarnya. [mif]

 

KOMENTAR SERUU