Ilustrasi

Pariaman, Seruu.Com - Pemerintah Kota Pariaman, Sumatera Barat, berencana menggelar pesta pantai selama libur Lebaran.

Pesta tersebut akan digelar di seluruh kawasan objek wisata pantai yang ada di Pariaman, seperti Pantai Gandoriah, Cermin, Kata, dan Pantai Belibis.

"Pesta pantai dibuka selama libur lebaran di sepanjang pantai Pariaman yang dipusatkan di Pantai Gandoriah," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pariaman, Effendi Jamal di Pariaman, Rabu (15/8/2012).

Pesta yang digelar setiap tahun ini akan diisi dengan pasar rakyat di Pantai Gandoriah, yang menjual berbagai pernak-pernik khas Pariaman, mainan anak-anak, dan pakaian.

Selain itu, para pengunjung anak-anak akan dihibur dengan permainan seperti "Buayan Kaliang" dan kereta api mini yang berkeliling di sepanjang pantai.

Ia juga mengatakan, dalam pesta ini juga akan disuguhkan wisata kuliner, di mana pengunjung dapat menikmati masakan khas Pariaman seperti "Sala Luak" dan "Nasi Sek".

Tidak hanya itu, pengunjung juga dapat mengunjungi gugusan pulau di perairan Pariaman dengan perahu yang telah disediakan.

Effendi mengatakan pelaksanaan kegiatan ini diserahkan pada kelompok-kelompok sadar wisata, sementara Dinas Kebudayaan dan instansi terkait hanya bertugas mengawasi. [ant/rn]

KOMENTAR SERUU