Danau Ranu Kumbolo (foto istimewa)

Seruu.com - Indonesia memiliki banyak danau yang sulit disangkal indahnya. Beberapa danau tersebut berada di kawasan yang tinggi dan membutuhkan perjuangan untuk mencapainya. Inilah salah satu dari sekian banyak keragaman alam Indonesia yang harusnya kita banggakan dan kita jaga lestarinya.

Dan inilah tujuh danau tertinggi di Indonesia.

1. Danau Segara Anak ( 2.010 mdpl )
Bagai bersembunyi di kawasan kawah besar Gunung Rinjani, Lombok, Danau Segara Anak memiliki pesona yang mampu menarik wisatawan. Berada di ketinggian 2.010 mdpl membuat danau yang satu ini sangat eksklusif.

Pemandangan yang ditawarkan pun jelas sangat cantik. Pada pagi hari, sunrise memancarkan kilauan yang indah dari balik puncak Gunung Rinjani. Kilauan tersebut lalu memantul di permukaan danau dan membuat pemandangan sangat sempurna.

Danau Segara Anak juga sering digunakan oleh para pendaki Gunung Rinjani sebagai tempat untuk beristirahat. Pemandangannya dianggap mampu memberikan energi baru untuk kembali meneruskan perjalanan menuju puncak gunung.

2. Danau Ranu Pane ( 2.162 mdpl )
Danau Segara Anak di Gunung Rinjani memang indah, tapi ternyata ada juga danau di dataran tinggi yang tak kalah indah. Adalah Danau Ranu Pane di kaki Gunung Semeru, Jawa Timur.

Berada pada ketinggian 2.162 mdpl, membuat danau ini selalu menggoda traveler yang akan mendaki ke puncak Semeru. Tidak jarang di antara mereka malah berhenti di danau ini dan enggan untuk lanjut karena pesona Danau Ranu Pane yang istimewa.

3. Danau Tage (2.192 mdpl)
Ke timur Indonesia, ada Papua yang punya Danau Tage. Danau ini berada di Kabupaten Paniai, 5 km dari ibukota Paniai-Madi, Papua. Untuk bisa menjangkaunya bukanlah perjalanan yang mudah. Anda harus terlebih dulu terbang menggunakan pesawat dan mendarat di Kota Enarotali.

Kemudian, perjalanan harus dilanjutkan menuju Pelabuhan Wotai dengan menggunakan kapal cepat. Nah, dari pelabuhan tersebut barulah Anda mulai mendaki gunung selama kurang lebih 30 menit.

Perjalanan yang melelahkan tersebut pasti akan terbayar lunas oleh Danau Tage. Banyak wisatawan yang datang malah enggan untuk pulang jika sudah sampai di danau ini. Semua kepenatan dijamin akan hilang jika sudah menyaksikan keindahannya.

4. Danau Ranu Regulo ( 2.256 mdpl )
Mendaki lebih tinggi sekitar 94 meter dari Danau Ranu Pani, ada Danau Ranu Regulo yang tak kalah cantiknya. Danau ini menempati ketinggian 2.256 mdpl dan menjadi pesona lain Gunung Semeru, Jawa Timur.

Dibandingkan Ranu Pani, danau ini memiliki area yang lebih luas. 8 Hektar di kaki Semeru dipenuhi oleh Danau Ranu Regulo. Selain itu, pemandangan yang tersaji jelas lebih indah. Apa lagi saat sunrise dan sunset, sayang untuk dilewatkan.

5. Danau Ranu Kumbolo ( 2.469 mdpl )
Masih di kaki Gunung Semeru, ada juga Danau Ranu Kumbolo yang tak kalah cantik. Dibanding dengan Ranu Pani dan Ranu Regulo, danau ini yang paling sering dikunjungi oleh para pendaki yang hendak mendaki puncak Semeru.

Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2.469 mdpl. Suhu di sini sudah pasti lebih dingin dari dua danau sebelumnya, yaitu sekitar 1-5 derajat celcius pada malam hari. Namun, dinginnya udara seakan tidak menjadi masalah bagi para traveler untuk menikmati keindahan danau ini.

6. Danau Kumbang ( 2.702 mdpl )
Gunung Masurai, Jambi juga memiliki danau yang cantik. Berada di 2.702 mdpl terdapat Danau Kumbang yang memberikan kesegaran bagi tiap pendaki yang ingin menuju Gunung Masuari.

Airnya biru kehijauan dan dikelilingi oleh pohon - pohon yang alami. Asyiknya lagi, dari danau ini Anda bisa menyaksikan hutan Sumatera yang penuh dengan pohon hijau dan kokohnya Gunung Kerinci.

7. Danau Habema ( 3.321 mdpl )
Habema, sebuah danau yang berada pada ketinggian 3321 mdpl. Terdengar agak asing memang, tapi inilah danau paling tinggi di Indonesia.

Danau ini berada di kawasan Gunung Trikora, Papua. Selain sebagai destinasi utama, Habema juga sering dijadikan sebagai pos peristirahatan bagi pendaki yang ingin menuju puncak Trikora. Airnya biru dan sangat jernih membuat pandangan pasti tak akan berpaling.

Di sini, Anda juga bisa menyaksikan beberapa tanaman anggrek yang tumbuh cantik di sekitar danau. Pemandangan makin lengkap berkat puncak Gunung Trikora sebagai latar belakang danau. [bi]

KOMENTAR SERUU