Washington, Seruu.com -  Penasehat senior Gedung Putih David Plouffe, yang berhasil mengatur kampanye presiden 2008 Presiden Barack Obama, menerima 100 ribu dolar Amerika (sekitar Rp946 juta) dari afiliasi sebuah perusahaan yang melakukan bisnis dengan Iran, Washington Post melaporkan pada Senin.


Surat kabar itu mengatakan bahwa pembayaran tersebut berasal dari anak perusahaan MTN Group, sebuah perusahaan telekomunikasi yang berbasis di Afrika Selatan, yang pada saat itu secara aktif terlibat dalam bisnis dengan sebuah perusahaan telekomunikasi milik negara Iran.


Dana tersebut meliputi dua pidato Plouffe yang dibuat di Nigeria pada Desember 2010, sekitar sebulan sebelum ia bergabung dengan staf Gedung Putih, kata laporan itu.


MTN Group sekarang sedang diteliti oleh pihak berwenang AS karena aktivitasnya di Iran dan Suriah, surat kabar itu mengatakan.


Juru bicara Gedung Putih Eric Schultz mengatakan, mengkritik Plouffe, hal itu akan menjadi tidak adil karena peran MTN Group di Iran tidak banyak diketahui pada saat pidato-pidato Plouffe, kata surat kabar itu.


“Dia memberi dua pidato melalui teknologi mobile dan komunikasi digital dan tidak ada pertemuan terpisah dengan pimpinan perusahaan tersebut,” The Post mengutip pernyataan Schultz.


“Pada waktu itu, bahkan kelompok pengawas yang paling bersemangat terhadap masalah ini, menargetkan kepentingan bisnis Iran dari perusahaan induk itu. Kritikan terhadap isu-isu Tuan Plouffe tersebut dan kontroversi yang berkembang beberapa tahun kemudian itu salah tempat.”


Pekan lalu, Obama menjatuhkan sanksi ekonomi baru pada sektor ekspor minyak Iran dan pada sepasang bank China dan Irak yang dituduh melakukan bisnis dengan Teheran.


Obama mengatakan akan melakukan tindakan terhadap perusahaan yang berurusan dengan Perusahaan Minyak Nasional Iran, Perusahaan Intertrade Naftiran atau Bank Sentral Iran atau yang membantu Iran membeli dolar AS atau logam mulia.


Dan ia menuduh bahwa Bank of Kunlun di China dan Elaf Islamic Bank di Irak yang mengatur transaksi bernilai jutaan dolar dengan bank-bank Iran sudah diberi sanksi karena dugaan jaringan-jaringan tersebut terkait dengan program senjata nuklir Teheran.


Obama mengatakan kedua lembaga ini selanjutnya akan diberi akses ke sistem keuangan AS, karena akan ada banyak bank yang tertangkap yang berurusan dengan Iran di masa mendatang. [wp/ms]

KOMENTAR SERUU