Tari Baksa Kembang (Istimewa)

Seruu.com - Tari Baksa Kembang, merupakan tarian  selamat datang kepada tamu agung dengan menyampaikan untaian bunga. Tari Baksa Kembang termasuk ini termaksud jenis tari klasik, yang hidup dan berkembang di keraton Banjar, yang ditarikan oleh putri-putri keraton.

Tarian ini dipertunjukkan untuk menghibur keluarga keraton dan menyambut tamu agung seperti raja atau pangeran. Tarian ini berfungsi untuk menyambut tamu kerajaan seperti pejabat-pejabat negara dan juga di tariakan  dalam perayaan hari-hari besar daerah atau nasional.

Disamping itu tarian Baksa Kembang juga dipertunjukkan pada perayaan pengantin Banjar atau hajatan misalnya tuan rumah mengadakan selamatan. Selain itu tarian ini menggambarkan putri-putri remaja yang cantik sedang bermain-main di taman bunga. Mereka memetik beberapa bunga kemudian dirangkai menjadi kembang bogam kemudian kembang bogam ini mereka bawa bergembira ria sambil menari dengan gemulai.

 Tari Baksa Kembang ini biasanya ditarikan oleh sejumlah hitungan ganjil misalnya satu orang, tiga orang, lima orang dan seterusnya. Pada tarian ini mempunyai gerakan yang  halus , dan diiringi irama gamelan, serta busana generlapan . Selain itu tarian ini di iringi dengan lagu khas seprti lagu Ayakan dan Janklong atau Kambang Muni.[GriyaWisata.com]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (4 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU