Pantai Parangtritis Bantul

Yogyakarta, Seruu.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menargetkan pendapatan dari kunjungan wisatawan ke semua objek wisata di daerah ini selama Lebaran 1433 Hijriah sebesar Rp600 juta.
 


Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bantul, Bambang Legowo di Bantul, Rabu (01/8/2012), mengatakan, target pendapatan sebesar itu meningkat jika dibanding dengan pendapatan selama libur Lebaran tahun lalu yang sebesar Rp450 juta.


"Kita targetkan pendapatan retribusi sebesar Rp600 juta, syukur-syukur bisa lebih. Meningkat jika dibanding tahun lalu, karena selama libur Lebaran nanti akan ada libur efektif selama sepekan," katanya.


Menurut dia, pendapatan itu berasal dari penarikan retribusi pengunjung ke semua objek wisata yang menjadi andalan di daerah ini yaitu i Pantai Parangtritis dan Depok, Pantai Kuwaru, Gua Cemara dan Pandansimo kemudian Gua Cerme dan Gua Selarong.


"Kita optimistis target itu bisa tercapai mengingat kondisi yang sudah memadai, ditambah ada libur efektif. Kita perkirakan akan ada sebanyak 150.000an wisatawan yang akan berkunjung selama itu," katanya.


Ia mengatakan, dalam menyambut wisatawan itu pihaknya juga telah mempersiapkan sejumlah even, seperti dangdut, pentas seni serta campur sari yang melibatkan masyarakat setempat sesuai potensi masing-masing.


"Hampir di semua objek wisata kita siapkan even seperti di Pantai Gua Cemara dan Parangtritis akan ada Campur Sari. Kita berharap dengan sejumlah even itu dapat menjadi daya tarik wisata, apalagi pengunjung sangat banyak," katanya.


Menurut dia, selain itu persiapan keamanan selama libur Lebaran pihaknya juga akan berkoordinasi dengan beberapa pihak terkait seperti Dinas Perhubungan (Dishub), Kepolisian, Kodim dan tim SAR.


"Mereka saling berkoordinasi untuk memaksimalkan pelayanan di titik-titik rawan macet dan kecelakaan. Kemudian untuk keamanan laut kita serahkan kepada tim SAR. Jadi dari sisi pelayanan dan pengendalian kita berikan penuh," katanya. [ndis]

KOMENTAR SERUU