Foto Ilustrasi

Surabaya, Seruu.Com - Gajah betina bernama Selvi, salah satu satwa penghuni Kebun Binatang Surabaya (KBS) ditemukan mati di kandangnya, Minggu (29/7/2012).

"Kami menemukan gajah tersebut dalam kondisi mati pada Minggu sekitar pukul 15.00 WIB. Selanjutnya dilakukan autopsi oleh tim dokter KBS," ujar Kepala Humas Kebun Binatang Surabaya Anthan Warsita ketika dikonfirmasi, Minggu malam.

Gajah tersebut berusia 30 tahun. Ia sudah menderita sakit di kaki kiri bagian depan sejak sekitar dua tahun lalu. Bahkan Gajah Selvi dinyatakan patah tulang kaki dan bertahan hidup dengan kondisi kaki cacat.

Anthan Warsita mengatakan, ketika ditemukan mati, kondisi Gajah Selvi mengalami perut kembung atau "tympani". Sebagai proses penyelidikan dan mengetahui persis penyebab kematian, tim dokter langsung melakukan autopsi.

"Tim dokter mengambil organ dalam untuk pengujian laboratorium. Sedangkan bangkainya dikubur di tempat pada Minggu malam, sekitar pukul 19.00 WIB," papar dia.

Gajah malang tersebut sudah berada dan menjadi koleksi satwa di KBS sejak delapan tahun lalu. Saat itu, Gajah Selvi masih berusia sekitar 22 tahun dan dipindahkan dari sebuah gajah sirkus.

KBS masih memiliki delapan gajah yang masih menjadi koleksi di kebun binatang terbesar di Indonesia tersebut. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU