Foto Ilustrasi

Banda Aceh, Seruu.Com - Wisatawan asal Malaysia menikmati suasana Ramadan di Kota Banda Aceh yang merupakan salah satu paket wisata ditawarkan pemerintah setempat setiap bulan puasa.

"Banyak wisatawan Malaysia menikmati hari-hari berpuasa di Banda Aceh karena memang nuansanya berbeda dengan daerah asal mereka," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh Reza Pahlevi di Banda Aceh, Jumat (27/7/2012).

Nuansa Ramadan di daerah berjuluk Serambi Mekah, terutama di Kota Banda Aceh, ia menyebutkan tentunya berbeda dengan daerah-daerah lain karena suasananya terasa lebih kusyuk dan khidmat.

Situasi tersebut, Reza menyebutkan merupakan pengakuan wisatawan terutama muslim dari sejumlah negara yang berada di Kota Banda Aceh pada Ramadan.

Bahkan ia menyebutkan "nikmati indahnya Ramadan di Banda Aceh`` telah dijadikan sebagai kalimat yang terpasang pada iklan promosi pariwisata Kota Banda Aceh.

"Yang kita tawarkan pada paket wisata Ramadan kepada wisatawan baik nusantara maupun internasional antara lain pelaksanaan buka puasa bersama di kampung-kampung, shalat tarawih dan tadarus di masjid dan meunasah di Aceh," kata dia.

Selain itu, Reza menjelaskan wisatawan juga ditawarkan paket wisata ziarah jejak para ulama Aceh dan objek wisata sejarah yang tersebar di sejumlah lokasi di Kota Banda Aceh dan Aceh Besar.

"Rangkaian kegiatan tur nuansa Islami di Kota Banda Aceh yang berbeda dengan daerah lain di Indonesia kita tawarkan dalam paket kunjungan wisata Ramadhan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banda Aceh itu. [ant]

KOMENTAR SERUU