Ilustrasi ziarah di makam KH Abdurrahman Wahid

Seruu.com -  Ziarah Kubra yang dilaksanakan sebelum memasuki Ramadan sudah menjadi agenda pariwsata rohani di Sumatera Selatan.  Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Ekonomi Kreatif Sumsel Toni Panggarbesi kepada wartawan di Palembang, Kamis mengatakan, dijadikannya Ziarah Kubra itu sebagai agenda wisata Sumsel karena kegiatan tersebut bernuansa Islami serta menarik.

Berdasarkan pengalaman dengan adanya Ziarah Kubra tersebut kunjungan wisatawan ke daerah ini cukup banyak.  Ziarah Kubra merupakan berziarah ke makam Al Habib Ahmad Bin Syech Shahab dan SI Habib Aqil Bin Yahya di Gubah Dukuh Palembang. Selain itu Ziarah Kubra masuk dalam rangkaian festival Palembang Darussalam.


Lebih lanjut dia mengatakan, pelaksaan Ziarah Kubra lalu ternyata kunjungan wisatawan dari berbagai daerah termasuk mancanegara cukup banyak mencapai jutaan orang.  Oleh karena itu pihaknya mengagendakan kegiatan bagi kalangan umat Islam tersebut sebagai agenda wisata rohani tahunan.


Namun, ujar dia, diharapkan dalam agenda tahunan tersebut perusahaan termasuk biro perjalanan di daerah ini melaksanakan rangkaian kegiatan. Perusahaan hendaknya menampilkan berbagai kegiatan sehingga para peziarah bisa mengunjungi dan terlibat langsung dalam agenda tersebut.


Sehubungan itu pihaknya akan mensosialisasikan kepada seluruh perusahaan termasuk biro perjalanan untuk membuat kegiatan saat dilaksanakan Ziarah Kubra.  Bila itu dilaksanakan maka kunjungan wisatawan ke daerah ini akan semakin banyak, kata dia. [ndis]

KOMENTAR SERUU