Candi Bahal (Istimewa)

Seruu.com - Ternyata tidak ahanya di Jogjakarta yang mempunyi candi bekas peninggalan Sejarah, Sumatera juga mempunyai Candi Bahal, yang terletak di Desa Bahal, Kecamatan Padang Bolak, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.

Candi ini merupakan kompleks candi (dalam istilah setempat disebut biaro) yang terluas di provinsi Sumatra Utara, karena arealnya melingkupi kompleks Candi Bahal I, Bahal II dan Bahal III.

 Candi Bahal ini merupakan bagian dari candi-candi Padanglawas yang berarti candi-candi yang terletak di padang luas yang mencakup, di antaranya: Candi Pulo, Candi Barumun, Candi Singkilon, Candi Sipamutung, Candi Aloban, Candi Rondaman Dolok, Candi Bara, Candi Magaledang, Candi Sitopayan dan Candi Nagasaribu.

Candi ini tidak di ketahui apakah candi ini merupakan candi Hindu atau Candi Buddha. Keberadaan candi ini baru di ketahui dan belum tahu Fungsi candi Bahal pada masa lalu juga belum diketahui dengan pasti. Para penduduk di sekitar menyebutnya “biaro” yang berarti biara.

 Candi ini merupakan kompleks candi bahal karena ada  Bahal I, Bahal II dan Bahal III. Yang letaknya tidak jauh dari candi sebelumya.

Dari ketiga candi yang ada mereka memiliki perbedaan masing-masing di antaranya dan Bangunan utama Candi Bahal I merupakan yang terbesar dibandingkan dengan bangunan utama Candi Bahal II dan II.

Bangunan utama ini terdiri atas susunan tatakan, kaki, tubuh dan atap candi. Tatakan candi berdenah dasar bujur sangkar seluas sekitar 7 m2 dengan tinggi sekitar 180 cm.

Bangunan utama Candi Bahal II terdiri atas susunan tatakan, kaki, tubuh dan atap candi. Tatakan candi berdenah dasar bujur sangkar seluas sekitar 6 m2 dan setinggi sekitar 1 m. Di atas tatakan berdiri kaki candi setinggi 75 cm, dengan denah dasar berbentuk bujur sangkar seluas 5 m2.

Dan bangunan Candi Bahal III yang terletak di tengah pelataran. Gerbang Candi Bahal III lebih mirip dengan gerbang Candi Bahal I, karena tangga naik ke gerbang terletak di sisi utara dan selatan. Tangga di gerbang Candi Bahal II terletak di timur.[GriyaWisata.com]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU