Wayang Kulit (Istimewa)

Seruu.com - Wayang merupakan salah satu puncak seni budaya bangsa Indonesia yang paling menonjol di antara banyak karya budaya lainnya. Budaya wayang meliputi seni peran, seni suara, seni musik, seni tutur, seni sastra, seni lukis, seni pahat, dan juga seni perlambang.Seni Budaya wayang, yang terus berkembang dari zaman ke zaman, juga merupakan media penerangan, dakwah, pendidikan, hiburan, pemahaman filsafat, serta hiburan.Seni budaya wayang merupakan budaya asli Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Keberadaan wayang sudah berabad-abad sebelum agama Hindu masuk ke Pulau Jawa.

Cerita dalam pertujukan wayang biasanya yang populer di masyarakat hingga masa kini merupakan adaptasi dari karya sastra India, yaitu Ramayana dan Mahabarata. Tokoh-tokoh yang di hadirkan dalam seni pewayangan pun menjadi daya tarik tersendiri dalam budaya Indonesia.

Pergelaran wayang kulit biasanya dimainkan oleh seorang yang kiranya bisa disebut penghibur publik terhebat di dunia. Setiap pergelaran wayang menghadirkan kisah atau lakon yang berbeda. Ragam lakon terbagi menjadi 4 kategori yaitu lakon pakem, lakon carangan, lakon gubahan dan lakon karangan.

Kesenian wayang hingga saat ini masih ada dan menjadi saranan hiburan yang di sangat menghibur masyarakat, Namun kini pergelaran wayang lebih moderen sehingga mampu mengikuti perkembangan zaman.[GriyaWisata.com]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU