Tapanuli (Istimewa)

Tapteng, Seruu.com - Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara membenahi sektor pariwisata dengan menata sarana infrastruktur dan promosi wisata lebih gencar lagi.

"Kami saat ini tengah konsentrasi mengangkat sektor pariwisata unggulan," kata Kepala Bagian Humas Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Tengah Iwan Sinaga.

Pembangunan sarana infrastrukur disertai promosi wisata yang gencar dilakukan Pemkab Tapteng, merupakan bagian dari tekad dan komitmen Pemkab setempat untuk menjadikan sektor pariwisata sebagai lokomotif utama pertumbuhan dan pengembangan ekonomi daerah itu.

Iwan mengakui hingga kini masih banyak sarana infrastruktur penopang industri pariwisata di daerah itu yang masih harus dibenahi yakni jalan raya.

Tapteng yang berada di wilayah barat Provinsi Sumut dan berhadapan langsung dengan Samudera Indonesia memiliki sejumlah objek wisata bahari dan objek wisata sejarah.

Objek wisata itu antara lain air terjun di Pulau Mursala, Pantai Kalangan, Pantai Kahona, Pantai Binasi, Pulau Unggas, Pulau Putih atau Pulau Putri, serta makam-makam bersejarah di Kecamatan Barus.

Khusus dalam rangka meningkatkan jumlah wisatawan ke daerah itu, Pemkab Tapteng bekerja sama dengan sektor swasta akan terus melakukan berbagai promosi, di antaranya menggelar pesta budaya, hiburan dan festival bernuansa pariwisata dan pameran.

Ia menambahkan, Pemkab Tapteng senantiasa siap memfasilitasi dan membuka peluang bagi sektor swasta dan masyarakat untuk ikut berperan mengembangkan potensi pariwisata.

"Peluang bisnis di sektor pariwisata Tapanuli Tengah sangat menjanjikan," ujarnya.

Iwan mengatakan, di daerah itu saat ini sedang dilaksanakan program pelestarian biota bawah laut terumbu karang dan spesies lainya di sekitar Pulau Mursala dan Pulau Unggas.

Dalam program pelestarian lingkungan itu juga dilaksanakan sosialiasi kepada masyarakat tentang pentingnya menjaga dan mempertahankan potensi terumbu karang dan biota di perairan Tapteng.[ant/ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (1 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU