tugu trenggalek

Trenggalek, Seruu.Com - Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur menurunkan harga tiket masuk ke obyek-obyek wisata di daerahnya, dengan memberikan diskon pembayaran tiket masuk sebesar 15 persen dari nilai normal.

"Potongan harga ini hanya berlaku bagi kelompok wisatawan yang datang secara berombongan," terang Kabid Obyek Daya Tarik Wisata Dinas Pemuda Pemuda Olahraga Pariwisata dan Kebudayaan (Poraparibud) Kabupaten Trenggalek, Kustiyoso, Minggu (1/7/2012).

Sebagaimana penjelasan Kustiyoso, secara normatif pemotongan itu berlaku untuk umum, baik lembaga pendidikan, lembaga negeri/swasta, maupun kelompok-kelompok masyarakat.

Dia mengisyaratkan bahwa pemberian dispensasi kunjungan ke obyek-obyek wisata di daerahnya lebih diprioritaskan bagi segmen pelajar, ormas, serta instansi swasta/pemerintah.

Kebijakan pemotongan tidak serta-merta diberikan saat rombongan wisatawan hendak memasuki kompleks wisata yang dituju, tetapi harus mengajukan permohonan terlebih dahulu ke Dinas Pariwisata.

"Idealnya, pengajuan permohonan dispensasi diberikan ke dinas sepekan sebelum kunjungan, sehingga ada jeda waktu untuk proses administrasi," imbuhnya.

Dijelaskan Kustiyoso, pemberlakuan dispensasi bagi rombongan wisata tersebut dimaksudkan supaya animo kunjungan masyarakat ke obyek-obyek pariwisata di seluruh Kabupaten Trenggalek.

Beberapa obyek wisata andalan dimaksud antara lain adalah Goa Lowo, Pantai Prigi, Karanggongso, Pelang, maupun kompleks agrosiwasata manggis serta durian di Kecamatan Watulimo.

Hasilnya, meski baru diberlakukan selama sebulan, tingkat kunjungan wisatawan lokal ke Goa Lowo, Pantai Prigi, serta Pasir Putih atau Pantai Karanggongso cenderung meningkat.

Ledakan wisatawan terutama terlihat selama dua hari terakhir, Sabtu (30/6) dan Minggu (1/7). Lebih dari tiga ribu pengunjung diperkirakan memadati kompleks wisata Pantai Pasir Putih yang ada di Desa Karanggongso atau di sebelah timur Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Prigi.

Kepadatan juga terlihat di sekitar Pantai Prigi dan Goa Lowo yang sama-sama berada di Kecamatan Watulimo, namun intensitasnya terlihat lebih rendah dibanding di kawasan Pasir Putih. [ant]

KOMENTAR SERUU