para pendaki gunung semeru

Lumajang, Seruu.Com - Jumlah pendaki, baik wisatawan asing maupun domestik yang naik ke Gunung Semeru sejak jalur pendakian itu dibuka hingga pekan ini mencapai 2.026 orang.

"Animo pendaki untuk naik ke gunung yang berada di perbatasan Kabupaten Lumajang-Malang, Jawa Timur itu cukup tinggi, bahkan jumlah pendaki selama liburan sekolah juga meningkat," kata Kepala Bidang Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) Wilayah II di Lumajang Anggoro Dwi Sujiharto, Sabtu (30/6).

Ia menjelaskan dari jumlah 2.026 itu, pendaki asing sebanyak 70 orang dan pendaki domestik 1.956 orang. Jalur pendakian Gunung Semeru (3.676 mdpl) yang merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa itu mulai dibuka sejak 9 Mei 2012 dengan batas pendakian di Pos Kalimati, sehingga para pendaki dilarang naik hingga puncak Semeru (Mahameru).

Data petugas TNBTS di Pos Ranu Pani mencatat jumlah pendaki Semeru meningkat hingga 200 persen atau sekitar 150 pendaki yang naik ke Semeru setiap hari selama liburan sekolah, padahal pada hari normal rata-rata jumlah pendaki berkisar 50 orang per hari. [ant/rn]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU