prosesi potong rambut gimbal Dieng (Foto: Seruu.Com)

Banjarnegara, Seruu.com  - Dieng Cultural Festival (DCF) atau Festival Budaya Dieng ke 3, Sabtu (30/6) pagi ini dibuka oleh Bupati Banjarnegara (Jateng), Sutedjo Slamet Utomo. Menandai pembukaan tersebut, dilakukan jalan sehat massal mulai jam 08.00 WIB diikuti sekitar 6.000 orang,menempuh jalan lingkar kawasan Dataran Tinggi Dieng sekitar 3 km, dengan start dan finish di komplek pendopo Soeharto-Whitlam.Seusai jalan sehat, panitia menyediakan 6.000 gelas purwaceng--minuman khas Dieng--untuk diminum massal.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banjarnegara, Suyatno, mengemukakan, DCF ke 3 ini akan dipusatkan di kawasan Candi Arjuna Dieng.
            
Pada hari pertama DCF, lanjut Suyatno, digelar berbagai pagelaran seni tradisional khas Dieng. Diantaranya, Tari Rodad, Lengger, Rampak Yakso, Warokan,  Tari Cakil, Wayang Kulit dan masih banyak kesenian lainnya.Pada malam harinya juga  ada pestal kembang api di atas Candi Arjuna.Sementara di pelataran Pendopo Soeharto-Withlem digelar 18 stand pameran potensi Banjarnegara, seperti kerajinan, pertanian, wisata, dan Usaha Menengah Kecil dan Mikro (UMKM).
            
Pada hari kedua  Minggu (1/7) yang merupakan puncak DCF 3 diadakan ritual pemotongan rambut gimbal anak-anak Dieng. Ritual tersebut merupakan salah satu acara khas yang dilakukan setiap tahunnya. Dalam DCF kali ini, ada empat anak berambut gimbal yang akan dipotong rambutnya. Prosesi  diawali kirab, jamasan, prosesi pencukuran, ngalab berkah, lalu pelarungan rambut yang dicukur ke telaga warna. [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU