Big Ben (Istimewa)

Seruu.com - Majelis Rendah parlemen Inggris mengumumkan nama menara yang dipasangi jam legendaris Big Ben akan diubah menjadi Menara Elizabeth sebagai penghormatan kepada Ratu Elizabeth II.

Perubahan nama tersebut disetujui setelah dilakukan penggalangan dukungan dan akhirnya Komisi Majelis Rendah mempertimbangkan mosi perubahan "sebagai pengakuan atas pengabdian Yang Mulai Ratu kepada publik selama 60 tahun berturut-turut atas nama negaranya".

Sebagian besar anggota parlemen dan para pemimpin tiga partai terbesar Inggris mendukung perubahan nama.

Gagasan perubahan nama pada mulanya diajukan oleh anggota parlemen dari Partai Konservatif, Tobias Ellwood, dan sudah mendapat dukungan dari 40 anggota parlemen pada tahap awal saja.

Surat edaran berikutnya dari Tobias Ellwood mendapat dukungan lebih banyak lagi. Sekitar separuh lebih anggota parlemen, termasuk Perdana Menteri David Camerona dan wakilnya, Nick Clegg. Pemimpin oposisi Ed Miliband juga mendukung perubahan nama tersebut.

Selama ini menara yang menaungi jam dinding terkenal itu disebut Clock Tower atau Menara Jam.

Komisi Majelis Rendah Parlemen menyatakan menyambut usulan perubahan nama sebagai bentuk penghargaan kepada Ratu Elizabeth II.

Komisi juga menyebutkan keputusan tersebut akan dilaksanakan pada waktunya nanti sesuai dengan prosedur yang berlaku.

Perubahan nama bagian gedung di kompleks gedung parlemen, Palace of Westminster, bukan kali ini saja terjadi.

Ketika gedung dibangun pada 1860, menara barat yang saat itu dikenal sebagai King's Tower, diganti namanya mejadi Victoria Tower untuk merayakan tahta Ratu Victoria yang berkuasa lama.

Ratu Victoria tercatat sebagai pemimpin kerajaan Inggris pertama yang berkuasa lebih dari 60 tahun.

Jam dan menara di Westminster dikenal di seluruh dunia dengan nama Big Ben. [BBC]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU