Jelajah Wisata 'Ekspedisi Lereng Merapi' (Foto: Istimewa)

Sleman, Seruu.com – Sebanyak 13 peserta asal manca negara turut menyemarakkan event Jelajah Wisata bertajuk “Ekspedisi Lereng Merapi” yang digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Minggu 24 Juni 2012 di kawasan wisata Kaliurang Sleman Yogyakarta. Ke 13 peserta asing tersebut berasal dari Gambia, Papua Nugini, Perancis, Bangladesh, Mesir, Fiji, Vietnam, Lesotho dan Turki. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Drs. Untoro Budiharjo, MM, Minggu 24 Juni 2012 usai pelaksasnaan event tersebut di kawasan wisata Kaliurang.

Untoro menambahkan bahwa keikutsertaan peserta manca negara merupakan bukti nyata bahwa merekapun memiliki ketertarikan yang tinggi terhadap obyek wisata di Sleman. Meskipun harus menjalani jalur trekking sepanjang 8 (delapan) kilometer, mereka tetap antusias dan terkesan dengan kawasan obyek wisata Kaliurang dan sekitarnya yang berada di lereng Gunung Merapi bagian selatan. Begitu pula peserta domestik cukup merata berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Sleman, bahkan banyak pula yang berasal dari kabupaten dan kota di luar Sleman maupun kabupaten-kabupaten tetangga. Seluruh peserta terkesan antusian dalam menjalani jalur trekking jelajah wisata tersebut. Secara keseluruhan jumlah peserta pada kegiatan ini tercatat 1.000 orang.

Menurut koordinator pelaksana Wasita, SS, MAP yang juga menjabat sebagai Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata Disbudpar Sleman, fasilitas kaos yang disediakan sebanyak 1.000 buah ludes terjual. Meskipun sebenarnya pihak panitia sempat menolak ratusan calon peserta yang mendaftar saat-saat terakhir menjelang perlaksanaan. Untuk itu Wasita menyampaikan permintaan maaf kepada calon peserta yang ingin mengikuti kegiatan ini namun tidak memperoleh kesempatan. Hal tersebut dikarenakan fasilitas yang disediakan oleh pihak panitia hanya diperuntukkan bagi 1000 peserta saja.

Meskipun demikian ternyata menurut informasi cukup banyak peserta trekking wisata yang tidak tercatat dipanitia. Mereka memang tidak memperoleh fasilitas dari panitia namun dengan dengan senang hati mengikuti kegiatan tersebut dari awal hingga akhir, dengan tujuan semata-mata sengaja untuk berwisata serta melihat jalur trekking yang ternyata sungguh luar biasa pemandangannya. Terlebih lagi mereka dapat melihat secara langsung kondisi pasca erupsi 2010 silam yang masih tersisa hingga saat ini, tepatnya di ruas jalur bukit Gandok – Pasiran - Pronojiiwo.

Salah satu peserta asing asal bangladesh Sohel Rana mengungkapkan ketertarikannya terhadap kawasan wisata lereng Gunung Merapi. Menurutnya jalur trekking yang dilalui sungguh luar biasa, dimana wisatawan dapat melihat panorama pedesaan, perbukitan, serta kawasan hutan yang terkena dampak erupsi tahun 2010 silam. Keindahan panorama yang dilalui sepanjang jalur trekking sangat mengesankan dan menghilangkan rasa capai yang sebenarnya ia rasakan.

Sementara itu, hadiah utama 2 (dua) motor Suzuki Titan diraih oleh Moh. Ikhsan dengan nomor peserta 603 dari dusun Becici Wonokerto Turi dan Ngadiyem dengan nomor peserta 174 dari dusun Kaliurang Selatan Hargobinangun Pakem. [was]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU