Seruu.com -  Jumlah wisatawan dari berbagai negara yang berkunjung ke Kabupaten Wakatobi selama 2011 mencapai 9.000 orang. Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Wakatobi, Tawakal yang dihubungi di Wangiwangi, Jumat mengatakan, jumlah wisatawan yang ke Wakatobi tersebut meningkat cukup signifikan dibanding 2010 yang hanya tercatat 7.000 wisatawan.

"Peningkatan jumlah wisatawan itu diikuti pula dengan meningkatnya jumlah kunjungan wisatawan yakni mencapai sekitar 20.000, sedangkan sebelumnya hanya sekitar 15.000 kunjungan," katanya.

Artinya ada wisatawan yang berkali-kali datang di Wakatobi, dan ada pula yang hanya satu kali. "Kalau dirata-rata, setiap wisatawan datang ke Wakatobi antara dua sampai tiga kali pada 2011," katanya.

Kawasan Wakatobi mulai ramai dikunjungi wisatawan macana negara maupun wsatawan Nusantara sejak bundara Matahora di Wangiwangi mulai dioerpasikan pada 2009, katanya.

Sebelum bandara tersebut dioperasikan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Wakatobi hanya sekitar 3.000 sampai 4.000 orang.

"Itu pun di antara para wisatawan tersebut adalah mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi, baik dari dalam maupun luar negeri yang melakukan penelitian mengenai keragaman terumbu karang di Pulau Hoga," katanya.

Pemerintah Kabupaten Wakatobi saat ini terus berupaya membenahi berbagai insfrastruktur yang dibutuhkan terutama sarana transportasi yang bisa memudahkan pengunjung menjangkau Wakatobi.

"Tahun ini, Pemkab Wakatobi berencana membangun Marina, tempat parkir kapal-kapal mewah di Wangiwangi," katanya.

Menurut dia, keberadaan Marina di Wakatobi sangat dibutuhkan oleh para wisatawan yang membawa kapal mewah sendiri. Selama ini wisatawan yang membawa kapal di Wakatobi hanya melabuhkan kapalnya di tengah laut karena tidak adanya tempat bersandar kapal mewah. (ANT)

KOMENTAR SERUU