Java Summer Camp Diikuti 8 Negara (Kebudayaan Pariwisata/Seruu.com)

Sleman, Seruu.com - Event favorit berskala internasional Java Summer Camp (JSC) 2012 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pariwisata Propinsi DIY atas nama Gubernur DIY, Jum’at malam 8 Juni 2012 di lapangan Shiwa Kompleks Candi Prambanan. Dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pariwisata Propinsi DIY Tazbir, SH, M.Hum, Gubernur DIY mengatakan bahwa event Java Summer Camp merupakan ajang yang sangat strategis bagi upaya pertukaran dan pengenalan budaya bagi masing-masing peserta. Diharapkan event tersebut dapat berkembang dari tahun ke tahun dengan skala yang lebih besar lagi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Drs. Untoro Budiharjo, MM dalam laporannya mengungkapkan bahwa JSC 2012 mengangkat tema “Jogja: Harmony in Diversity” diikuti oleh 200 peserta yang terdiri atas 185 peserta domestik dan 15 peserta manca negara. Peserta domestik berasal dari berbagai daerah diantaranya Jakarta, Bandung, Semarang, Solo, Cilacap, Malang, Surabaya, Jambi, dll. Sedangkan peserta asing berasal dari beberapa negara yaitu Singapura, Vietnam, Timor Leste, Jerman, Australia, Papua Nugini, Thailand, Indonesia.
Untoro menambahkan bahwa tujuan diselenggarakannya Java Summer Camp adalah untuk mengakomodasi kesadaran, apresiasi dan kontribusi positif dalam upaya menggalang kerjasama antar daerah dan kerjasama internasional (international cooperation) untuk menciptakan perdamaian serta mendukung perkembangan budaya dan pariwisata.

Selama 3 hari 2 malam peserta akan melakukan berbagai kegiatan diantaranya workshop tari tradisional oleh seniman tari Jeannie Park, workshop budaya oleh Budayawan Tionghoa Handoyo, workshop dan pelatihan batik jumput oleh ibu Menuk Sayekti, workshop kewirausahaan oleh Irwan Hidayat (Pemilik Sido Muncul), cultural night, dan outbound. Disamping itu, para peserta Java Summer Camp 2012 juga diajak menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana, api unggun dan farmtrip ke berbagai obyek wisata Sleman yaitu Candi Prambanan, Desa Wisata Pentingsari, Candi Kimpulan UII, Museum Gunung Merapi, Volcano Tour dan Showroom Disperindagkop Kabupaten Sleman.

Acara pembukaan dimeriahkan dengan tarian “Golek Sulung Dayung” oleh Diajeng Ayu Destasiwi Estiaji dari Ikatan Dimas Diajeng Sleman, kesenian tradisional Angguk Kipas dari Kemiri Purwobinangun Pakem Sleman, dan Tari Kusuma Yuda dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta.

Pada kesempatan kali ini diluncurkan Sampul Peringatan Filateli edisi 4th Java Summer Camp 2012 yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pariwisata DIY, Assekda Bidang Pembangunan Kab. Sleman dan Direktur Pengembangan dan Pemasaran PT Taman Wisata Candi Borobudur-Prambanan-Ratu Boko (Persero) didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Sleman, Ketua DPRD Kab Sleman.

Sementara itu, Jum’at siang 8 Juni 2012 Panitia Java Summer Camp 2012 yang dipimpin oleh Koordinator Pelaksana JSC 2012 Dra. Shavitri Nurmala Dewi, MA beraudiensi dengan Wakil Gubernur DIY Sri Paduka Paku Alam IX. Dalam kesempatan tersebut Sri Paduka  Paku Alam IX mengharapkan agar JSC 2012 dilaksanakan sebaik-baiknya secara sinergis dengan pihak-pihak terkait sesuai dengan rencana.[was]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU