Foto Ilustrasi

Bandung, Seruu.Com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu optimistis target kedatangan 8 juta wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 2012 dapat tercapai.

Usai menghadiri wisuda Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bandung, Jawa Barat, Sabtu (9/6), Mari mengatakan pertumbuhan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara ke Indonesia pada 4 bulan pertama 2012 naik 8,8 persen dibanding 4 bulan pertama 2011.

Angka itu, menurut dia, dua kali lipat dibanding pertumbuhan pariwisata global di tengah krisis perekonomian yang masih melanda negara-negara belahan barat dunia.

"Kami optimistis tahun ini bisa mencapai 8 juta dan target kami 2014 adalah 10 juta wisatawan mancanegara," ujarnya.

Kementerian Pariwisata, lanjut Mari, berusaha untuk tidak hanya meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia tetapi juga memperbaiki kualitas dengan memperpanjang waktu tinggal dengan pengeluaran yang meningkat serta ragam destinasi wisata untuk dikunjungi.

Saat ini, menurut Mari, kualitas waktu tinggal turis mancanegara di Indonesia rata-rata selama satu pekan dengan pengeluaran sebesar US$1.200. [ant/er]

KOMENTAR SERUU