Kepala Dinas Disbudpar Jatim , Jarianto (Foto: Yudi/Seruu.com)

Surabaya, Seruu.com - Direktorat Pam Obvit Polda Jatim menandatangani MOU dengan Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Jatim untuk pengamanan 763 obyek wisata se Jatim.

Realisasinya kerjasama tersebut dilakukan dengan memberikan pelatihan tentang obyek wisata terhadap polisi pariwisata (Polpar). Kepala Dinas Disbudpar Jatim,Jarianto,  dikonfirmasi, Sabtu (9/6/012) mengatakan bahwa sebenarnya MOU dan pelatihan polisi pariwisata merupakan kelanjutan dari perjanjian kerjasama antara Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata dengan Kepolisian Negara Indonesia tentang penyelenggaraan pengamanan di destinasi pariwisata.

”Semoga kerjasama ini semakin solid dan fokus untuk mempercepat pembangunan di bidang kebudayaan dan pariwisata khususnya menciptakan iklim investasi di Jatim dan dapat menjadi pendorong bagi kedatangan dan lama tinggal wisatawan di Jatim yang memiliki potensi luar biasa ini," harapnya.

Menurut mantan Kepala Biro Pemerintahan Jatim ini mengatakan jaminan keamanan, keselamatan, dan sanitasi/higienis serta kenyamanan merupakan ciri khas dalam industri pariwisata. Sebab, dalam industri pariwisata, masalah stabilitas nasional dan keamanan dalam negeri merupakan prasyarat untuk menjamin berkembangnya kepariwisataan”Dalam waktu dekat ini pelatihan bersama akan digelar di Malang dan nantinya aka nada sertifikasi polpar dari Disbudpar Jatim,”jelasnya

Jarianto juga mengingatkan adanya beberapa kasus yang bisa membuat wisatawan enggan mendatangi daya tarik objek wisata, seperti bom bali, dan akhir-akhir ini di salah satu gereja di Solo.

Sebelumnya, Jarianto juga menjelaskan, ada beberapa kesepakatan antara Disbudpar Jatim dengan Bidang Pamobvit Polda Jatim itu di antaranya, penyusunan pedoman umum dan petunjuk pelaksanaan, pemberian bantuan operasi penanganan gangguan ketentraman dan ketertiban umum, serta keamanan ketertiban masyarakat, melakukan pembinaan penegakkan peraturan perundangan, dan penanganan kerawanan sosial. [yud]



 

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU