Komunitas Lima Gunung (Istimewa)

Magelang, Seruu.com - Kalangan seniman petani Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Komunitas Lima Gunung (KLG) kini sedang menyiapkan festival tahunan.

"Tahun ini secara spesial kami ingin menggelar dua kali festival. Kalau umumnya festival berlangsung setahun sekali, akan tetapi khusus tahun ini kami gelar dua kali," kata Ketua KLG Magelang Supadi Haryono di Magelang, Selasa (5/6/2012).

Festival Lima Gunung, katanya, sebagai agenda rutin komunitas seniman petani setempat selama 11 tahun terakhir.

Komunitas Lima Gunung meliputi Gunung Merapi, Merbabu, Andong, Sumbing, dan Pegunungan Menoreh. Lima gunung itu mengelilingi wilayah Kabupaten Magelang.

Ia mengatakan, FLG akan berlangsung dua kali.

Pertama, rencananya berlangsung di Dusun Kradegan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran di kawasan Gunung Sumbing pada 30 Juni-1 Juli.

Kedua, akan digelar di Dusun Gejayan, Desa Banyusidi, Kecamatan Pakis, di kawasan Gunung Merbabu pada 4-15 Juli.

Keputusan tentang lokasi penyelenggaraan festival tahunan mereka yang secara bergilir itu, menurut dia, melalui musyawarah para petinggi komunitas tersebut.

Berbagai rencana pementasan kesenian tradisional dan kontemporer, penyelenggaraan prosesi, penyiapan instalasi, dan persiapan lainnya di lokasi festival, hingga saat ini masih terus dimatangkan oleh para petinggi komunitas.

Ia menjelaskan, festival itu sebagai ajang silaturahim kalangan seniman petani lima gunung Magelang, setelah selama setahun terakhir secara intensif menjalani gerakan kebudayaan berbasis kearifan lokalnya.[ant/ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU