Kawasan Wisata Pulau Senggigi

Mataram, Seruu.Com - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat meluncurkan galeri pariwisata yang berlokasi di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, sebagai bagian dari upaya peningkatan promosi pariwisata unggulan.

"Galeri ini merupakan wujud nyata peningkatan promosi pariwisata unggulan di Kabupaten Sumbawa Barat. Ini juga bagian dari upaya menyahuti ajakan Presiden terkait implementasi MP3EI Koridor V," kata Bupati Sumbawa Barat Zulkifli Muhadli, di sela peluncuran Galeri Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Minggu (3/6/2012).

Prosesi peluncuran Galeri Pariwisata Kabupaten Sumbawa Barat itu dimulai sejak Sabtu (2/6) malam yang diwarnai beragam atraksi budaya di kompleks Pasar Seni Senggigi. Selanjutnya, penandatangan nota kesepahaman (MoU) antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dan PT Danau Pelangi Nusantara, selaku mitra kerja dalam pengembangan pariwisata.

Galeri Pariwisata Sumbawa Barat itu berlokasi di pusat kawasan wisata Senggigi yang selalu ramai dikunjungi wisatawan mancanegara.

Daerah administrasi Kabupaten Sumbawa Barat berada di bagian barat Pulau Sumbawa, sementara kawasan wisata Senggigi berada di Pulau Lombok.

Jarak kedua wilayah itu lebih dari 100 kilometer, dan harus menyeberang laut dari Pelabuhan Penyeberangan Kayangan (Lombok Timur)--Poto Tano (Sumbawa Barat) sepanjang 12 mil dengan waktu tempuh 45 menit hingga satu jam.

Zulkifli mengatakan bahwa penempatan galeri pariwisata di Senggigi itu untuk merangsang wisatawan agar mau berkunjung ke Sumbawa Barat. Diyakini, ketika wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Senggigi dan mampir di galeri pariwisata itu, akan tumbuh minat berkunjung ke Kabupaten Sumbawa Barat.

"Ini aksi nyata kami menyahuti ajakan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dalam mengimplementasi program MP3EI Koridor V yang menekankan pengembangan sektor pariwisata dan pangan nasional," ujarnya.

Menurut dia, keberadaan galeri pariwisata di salah satu kawasan wisata andalan NTB itu merupakan salah satu syarat mendatangkan wisatawan sebanyak-banyaknya ke lokasi yang mereka inginkan. Galeri itu merupakan wadah penyediaan informasi bagi wisatawan. [ant]

KOMENTAR SERUU