Pulau Intata (Istimewa)
"Memang tidak sekaligus, tapi secara bertahap kita akan membangun fasilitas-fasilitas seperti perhotelan, restoran hingga air bersih di pulau ini,"

Manado, Seruu.com - Menunjang pariwisata di Pulau Intata Kecamatan Nanusa Kabupaten Talaud Provinsi Sulawesi Utara, pemerintah kabupaten akan membangun berbagai sarana di pulau tersebut.

"Memang tidak sekaligus, tapi secara bertahap kita akan membangun fasilitas-fasilitas seperti perhotelan, restoran hingga air bersih di pulau ini," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Talaud, Djemi Gagola, di Manado, Selasa (29/5/2012).

Menurut dia, dibangunnya sarana pendukung pawirisata di pulau ini, menjadi bukti bila pemerintah kabupaten serius menggarap potensi wisata.

"Selain adat Mane`e yang bisa dijual sebagal objek wisata, di sini pasir putihnya sangat indah begitupun ada lokasi lainnya di pulau ini yang mirip Tanah Lot di pulau Bali," katanya.

Meski demikian menurut dia, pemerintah kabupaten sangat berharap ada dana investasi dari pihak swasta yang mau menanamkan modalnya di pulau Intata.

Pemerintah kabupaten, kata dia, akan memberikan kemudahan-kemudahan bagi investor yang mau berinvestasi di Kabupaten Talaud termasuk di Pulau Intata.

"Tentu pemerintah dan rakyat Kabupaten Talaud sangat berharap industri wisata maju pesat. Apalagi potensi-potensi alam sangat menunjang menjadikan daerah ini sebagai salah satu destinasi wisata di Sulawesi Utara dan Indonesia," katanya.

Aset penting selain pembangunan sarana dan prasarana pariwisata yang akan dikembangkan, kata dia, adalah mendorong masyarakat sekitar Pulau Intata agar lebih kreatif dan terampil menerima kunjungan wisatawan.

"Pariwisata perkembangannya sangat dinamis sehingga harus dibarengi dengan peningkatan keterampilan pengelola industri wisata ini. Selain warga, pemuda-pemudi yang ada di sekitar pulau akan kita beri pelatihan yang relevan dengan sektor pariwisata," ungkapnya.

Dia mengatakan, untuk mempromosikan pariwisata di kabupaten Talaud, termasuk prosesi adat Mane`e, pemerintah kabupaten akan membuka komunikasi dengan pengelola travel serta perhotelan yang ada di Kabupaten Talaud dan Kota Manado.[ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU