Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Direktur Promosi Pariwisata  Dalam  Negeri Kemenparekraf  M. Faried  mengatakan, liburan sekolah  menjadi salah satu pemicu tingginya pergerakan wisatawan nusatara (wisnus) berwisata di dalam negeri. 

“Hasil kajian dari  Direktorat  Pengembangan Pasar Kemenparekraf, dari  237 juta pergerakan wisnus tahun 2011, 8%   atau 20 juta di antaranya  terjadi  saat liburan sekolah,” kata M. Faried  dalam jumpa pers di Gedung Sapta Pesona  Jakarta, Kamis (24/5/2012)  lalu sehubungan akan digelar pameran Gebyar Wisata dan Budaya Nusantara  (GWBN) 2012 di JCC pada 31 Mei hingga 3 Juni 2012.

Momentum lain yang memicu pergerakan wisnus  adalah saat liburan  hari raya Idul Fitri (Lebaran),  Natal dan Tahun Baru,  serta hari raya lainnya yang diharapkan tahun ini meningkat  menjadi 245 juta pergerakan wisnus.

M. Faried  yang didampingi Syukur Saka dari PT Wahyu Promo penyelenggara GWBN  menjelaskan, pameran  tahunan GWBN  yang digelar menjelang  liburan  sekolah sangat  tepat dan diharapkan  mendorong  masyarakat memanfaatkan liburan di dalam negeri  sehingga lebih mengenal negeri sendiri atau ‘Kenali Negerimu Cintai Negerimu’.  Dalam  pameran GWBN  yang tahun ini untuk kali kesepuluh itu diikuti sekitar 300 peserta dengan menampilkan 250 obyek wisata dan tempat berliburan menarik  yang tersebar di seluruh tanah air.

Menurut Syukur Saka,  pameran GWBN  tahun ini mentargetkan  30 ribu pengunjung yang sebagian besar para pelajar dan keluarga.  “Para pengunjung selain mendapatkan informasi tentang obyek wisata dan tempat liburan menarik  dari  dinas pariwisata provinsi, kabupaten  dan kota dari seluruh Indonesia,   juga dapat melakukan transaksi langsung dengan peserta  dari kalangan  pengelola obyek wisata, hotel, dan biro perjalanan wisata,” kata Syukur Saka.

PT Wahyu Promo selain menggelar  pameran GWBN  2012 juga menggelar  pameran sandingan  yakni  Inasport, 2nd Inabycycle, Inagolf 2012, dan 12th Agro & Food Expo yang diharapkan menjadi rujukan masyarakat Indonesia yang ingin berlibur dan mencari perlengkapan olahrga, terutama sepeda dan golf, serta produk  agribisnis. [budpar/mdi]

KOMENTAR SERUU