Penghuni Kebun Binatang Surabaya II

Surabaya, Seruu.Com - Tim Pengelola Sementara (TPS) Kebun Binatang Surabaya (KBS) II akan memperbaiki empat kandang satwa koleksinya dalam waktu dekat ini.

Ketua Harian TPS KBS II, Tony Sumampauw, di Surabaya, Jumat (25/5/2012) mengatakan, empat kandang yang akan direnovasi yakni kandang wallaby, orangutan, beruang madu dan komodo.

"Perbaikan diprioritaskan pada empat kandang ini karena kondisinya tidak representatif dan tidak sesuai dengan satwa yang menghuninya," katanya.

Menurut dia, kandang beruang madu lantainya diplester dengan semen sehingga telapak kaki penghuninya menjadi keras karena terlalu sering menapak pada lantai atau alas yang keras.

Idealnya, lanjut dia, alas atau lantainya tidak terbuat dari beton atau plester semen. "Karena itu, kami akan menggantinya dengan pasir dan rumput," katanya.

Untuk keperluan renovasi tersebut, lanjut dia, KBS menggandeng sejumlah BUMN, BUMD dan perusahaan swasta di Jawa Timur.  Namun untuk saat ini, baru empat BUMN, BUMD dan perusahaan swasta yang sudah menyatakan kesanggupan sebagai sponsor perbaikan kandang, yakni PT Petrogas Jatim Utama, Perusahaan Daerah Air Bersih, PT Surabaya Industrial Estate Rungkut dan Bank Perkreditan Rakyat Jawa Timur.

"Ini merupakan program CSR (Corporate Social Responsibility, red). Kami sebenarnya mengundang 18 pihak untuk turut berpartisipasi dalam renovasi kandang. Tapi baru empat pihak yang sudah menyatakan kesanggupannya," kata Tony. [ant]

KOMENTAR SERUU