Laman www.tourismsleman.com

Sleman, Seruu.com – Di era teknologi saat ini pemanfaatan IT untuk berbagai kepentingan, diantaranya pekerjaan, bisnis maupun pribadi sudah menjadi rahasia umum bahkan dapat dikatakan sebagai sebuah kebutuhan. Diantara pemanfaatan IT tersebut adalah melalui website, facebook, twitter, youtube, dan lain-lain. Begitu pula yang dilakukan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dalam rangka mempromosikan dan memasarkan kekayaan potensi budaya dan pariwisata.

Demikian diungkapkan Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata saat menghadiri Seminar tentang Facebook Marketing yang diselenggarakan oleh PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Selasa 8 Mei 2012 kemarin di Hotel Mustika Sheraton dengan pembicara Slamet Sukardi.

Wasita menambahkan bahwa pada saat ini Disbudpar Sleman baru saja melaunching tampilan website baru yang lebih menarik dari tampilan sebelumnya. Nama website tetap sama yaitu www.tourismsleman.com. Namun diharapkan design tampilan dan warna dapat lebih fresh dan menarik untuk dikunjungi terlebih lagi update dengan berita-berita terkini tentang budaya dan pariwisata selain tentunya informasi tentang berbagai obyek wisata di Sleman.

Selain itu pihaknya juga sudah memanfaatkan facebook atau FB “Dinas Budpar Kabupaten Sleman” dalam rangka mempromosikan dan memasarkan produk-produk wisata budaya, alam, minat khusus, heritage, dsb. Pemanfatan IT memang sudah menjadi kebutuhan dan trend oleh berbagai kalangan. Oleh karenanya instansi pemerintah tidak boleh ketinggalan jauh. Karena baik disadari maupun tidak, pemanfaatan IT memiliki banyak kelebihan, yakni kecepatan dan duplikasi informasi atau proses viral yang sungguh luar biasa.

Wasita juga menambahkan bahwa penggantian tampilan website pada saat ini sangat tepat mengingat bahwa pada saat ini pula terdapat banyak event yang diselenggarakan di Sleman, yaitu pemilihan Dimas Diajeng Sleman pada 12 Mei 2012, Java Summer Camp yang ke empat kalinya pada tanggal 8 – 10 Juni 2012 di Bumi Perkemahan Rama Shinta Prambanan, Jelajah Wisata pada tanggal 24 Juni 2012, dan banyak lagi event budaya dan wisata lainnya.

Selain informasi tentang potensi budaya dan pariwisata, website www.tourismsleman.com juga bersifat interaktif komunikatif. Ada tempat-tempat yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat umum untuk menanyakan berbagai hal tentang kebudayaan dan pariwisata di Sleman maupun sekedar berkomentar singkat, menyampaikan kritik dan saran-saran perbaikan. Selain itu pula tersedia tempat untuk mengungkapkan testimoni tentang pengalaman berkunjung ke Sleman. [mdi]

KOMENTAR SERUU