Sleman Gelar Jelajah Wisata Ekspedisi Lereng Merapi

Sleman, Seruu.com  - Kabupaten Sleman kembali akan menggelar agenda wisata spektakuler yang terbuka untuk umum berupa Jelajah Wisata, Minggu 24 Juni 2012 mendatang. Pada tahun ini event wisata olah raga trekking atau jalan kaki tersebut mengambil tajuk “Ekspedisi Lereng Merapi”, dengan jarak tempuh 8 (delapan) kilometer di kawasan perbukitan lereng Merapi bagian selatan. Start dan finish akan dilaksanakan di Gardu Pandang Kaliurang.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman Drs. Untoro Budiharjo, SH, Jum’at 4 Mei 2012 dikantornya Jl. KRT Pringgodiningrat Beran Tridadi Sleman. Untoro menambahkan bahwa penyelenggaraan event tersebut dilaksanakan atas kerjasama Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman dan Pokdarwis Kaliurang Hargobinangun Pakem Sleman yang diketuai oleh tokoh pariwisata berkaliber internasional Christian Awuy.

Untoro menambahkan bahwa Jelajah Wisata merupakan event tahunan untuk menarik wisatawan baik domestik maupun manca negara untuk berkunjung ke DIY khususnya ke obyek-obyek wisata di Sleman. Pada saat ini wisata trekking sudah menjadi salah satu wisata alternatif yang dilirik banyak kalangan karena menawarkan panorama alami nan asri serta menjadi wahana olah raga sekaligus berwisata.

Kepala Seksi Dokumentasi dan Informasi Pariwisata Disbudpar Sleman Wasita, SS, MAP usai memimpin survey atau check route untuk kegiatan tersebut Jum’at 4 Mei 2012 mengatakan bahwa event Jelajah Wisata sudah menjadi event yang telah memiliki pangsa pasar dan pecintanya tersendiri. Sehingga diharapkan pemilihan lokasi di kawasan wisata Kaliurang akan menambah daya tarik tersendiri bagi para peserta.

Wasita menambahkan bahwa setelah melakukan survey atau check rute yang diikuti 18 orang yang berasal dari Disbudpar Sleman, Pokdarwis Kaliurang dan tim dari Suzuki Medan Jaya Group, jalur yang direncanakan cukup ideal dan menantang bagi komunitas pecinta alam, komunitas pecinta lingkungan, komunitas pramuka, generasi muda maupun masyarakat umum. Dikatakan jalur yang akan dilalui dalam jelajah wisata “Ekspedisi Lereng Merapi” tersebut cukup ekstrim dengan start dan finish di Gardu Pandang Kaliurang melalui kawasan permukiman penduduk dan kawasan Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM), yakni Bukit Gandok, Bukit Pronojiwo, Bukit Plawangan.

Lebih menarik lagi disepanjang jalur trekking para peserta akan dapat melihat secara langsung keindahan alam lereng Merapi bagian selatan serta bekas-bekas erupsi tahun 2010 yang masih tersisa hingga kini.

Peserta ditargetkan sebanyak 1.000 (seribu) orang peserta dengan sistem perseorangan dari berbagai daerah, baik dari masyarakat DIY maupun luar DIY. Pendaftaran peserta dimulai tanggal 15 Mei - 15 Juni 2012 di Pokdarwis Kaliurang, Hotel Vogels Jl. Astamulya No.76 Kaliurang Telp. (0274) 895208, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman, Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Telp. (0274) 869613 Website:www.tourismsleman.com, Email dan Facebook  prtourismsleman@yahoo.co.id, TIC Malioboro, Jl. Malioboro No.14 Yogyakarta Telp. (0274) 566000, Soto Kudus “Pak Dewo”, Jl. C. Simanjuntak No.62/ Selatan Mirota Kampus Telp. (0274) 581182.

Adapun syarat-syarat pendaftaran meliputi penyerahan fotocopy KTP/identitas diri lainnya dan pembayaran sebesar Rp.30.000,- per peserta. Setiap peserta akan  memperoleh fasilitas kaos cantik, snack dan minum, asuransi serta kupon undian doorprize untuk memperebutkan hadiah utama 2 (dua) sepeda motor Suzuki Titan, sepeda gunung, televisi, handphone, minicompo dan berbagai hadiah lainnya. [unt]
 

KOMENTAR SERUU