Air Terjun Sri Gethuk (Istimewa)

Seruu.com - Mungkin akan terlintas di pikiran anda bahwa Gunung Kidul identik dengan tanah gersang ? namun nyatanya di sana ada sebuah objek wisata Air Terjun Sri Gethuk yang menandakan akan melimpahnya air pada sebagian wilayah Gunung Kidul.

Sumber mata air Sri Gethuk terdapat di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Gunung Kidul, sekitar 40 km dari Yogyakarta. Lokasinya cukup terpencil sehingga transportasi menuju ke sana cukup sulit didapat kecuali anda hubungi sewa mobil jogja dan kendaraan pribadi lainnya.

air terjun sri gethukSesampainya di sana, anda disuguhi pesona alam Gunung kidul yang indah dengan gemericik air yang melimpah, jernih dan segar. Air mengalir dari ketinggian hingga jatuh ke atas bebatuan kali di bawahnya.

Meski tebing air di Sri Gethuk tidak setinggi di Air Terjun Grojogan Sewu di Tawangmangu, namun tetap saja memberika kesan berbeda dengan wisata alam lainnya di Yogyakarta. Apalagi, air terjun yang oleh penduduk setempat disebut dengan ‘Slempret’ itu berada tepat di tepi aliran Sungai Oyo.

Perjalanan menelusuri sungai Oyo yang bermuara di Air Terjun Sri Gethuk itu, dapat anda lakukan dengan menyewa sebuah perahu. Pontensinya yang luar biasa, Sri Gethuk akan dikembangkan sebagai objek wisata terpadu yang meliputi Goa Rancang Kencana, Air Terjun Sri Gethuk, situs purbakala, dan pemacingan, bumi perkemahan dalam satu area di Dusun Menggoran, Desa Bleberan yang kemudia dikelola oleh pemuda-pmuda desa setempat.

Untuk measuk ke ogjek wisata Air Terjun Sri Gethuk, harga tiketnya Rp3000,- sedangkan tarif sewa perahu Rp5000,- per orang. Apabila ingin bermain air di sungai, anda dapat sewa ban untuk berenang dengan tarif Rp2000,-.[ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU