Objek Wisata Ternate

Ternate, Seruu.Com - Objek wisata pantai di Kota Ternate, Maluku Utara (Malut), selama beberapa akhir pekan terakhir sepi pengunjung akibat cuaca buruk dalam beberapa pekan terakhir.

"Para pengunjung dalam beberapa pekan ini, tampak sepi dan enggan datang di Pantai Sulamadaha, akibatnya omzet yang kami peroleh juga menurun," kata salah seorang pedagang di Pantai Sulamadaha, Suhaiba M Nur di Ternate, Sabtu (5/5/2012).

Objek wisata Pantai Sulamadaha biasanya sejak pagi hari telah didatangi warga untuk berlibur, karena pantai tersebut merupakan tempat terfavorit masyarakat Ternate untuk meluangkan waktu liburnya.

Akan tetapi dalam beberapa pekan ini terlihat sepi karena cuaca buruk.

Menurutnya, kalau kondisi normal, biasanya sebagian besar warga sangat memfavoritkan Pantai Sulamadaha untuk berlibur, dengan libur panjang seperti dimanfaatkan bersama keluarga untuk rekreasi pada akhir pekan di setiap hari Sabtu dan Minggu.

Pedagang lainnya, Ernin mengatakan, pada libur akhir pekan biasanya ramai wisatawan, tetapi pengunjung yang datang ke Pantai Sulamadaha sangat sepi, sehingga sejumlah dagangan yang kami jajakan sepi pembeli.

"Biasanya kalau warga memadati Pantai Sulamadaha, pasti pendapatan kita bertambah, karena untuk hari ini saja kita tidak bisa mendapatkan pendapatan yang cukup, karena tidak ada pengunjung yang datang," katanya.

Pendapatan yang begitu besar hanya mereka dapatkan saat hari libur atau masa libur panjang seperti saat ini.

Kalau di hari biasa para pedagang hanya meraup keuntungan sekitar Rp150 ribu sampai Rp200 ribu per hari.

Omzet yang meningkat hanya dirasakan oleh para warga yang menyewakan motor lautnya bagi para pengunjung yang ingin menyeberangi Pantai Sulamadaha dan objek pantai di sekitarnya.

"Padatnya pengunjung yang memanfaatkan cuti bersama dan libur panjang ke Pantai Sulamadaha, kami hari ini bisa meraup penghasilan di atas Rp400 ribu ribu sampai Rp600 ribu per hari, kalau dibandingkan dengan hari biasa omzetnya hanya Rp200 ribu per hari," kata Harman, salah seorang pemilik penyewaan motor laut di Pantai Sulamadaha.

Namun, dengan adanya cuaca buruk disertai adanya letusan Gunung Gamalama yang terjadi hampir tiga pekan ini, tentunya sangat mempengaruhi hasil jajanan para pedagang di Pantai Sulamadaha.

Bahkan, sampai saat ini kami baru meraup keuntungan di bawah Rp50 ribu, meskipun akhir pekan merupakan momen bagi pedagang untuk menjajakan dagangannya karena padatnya para pengunjung. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (1 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU