Gunung Marapi (Istimewa)

Bukittinggi, Seruu.com - Gunung Marapi yang berada di antara Kabupaten Tanahdatar dan Kabupaten Agam, Sumatera Barat, kembali meletus dan menyemburkan abu vulkanik pada Rabu (2/5/2012) pagi.

Menurut petugas Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Pos Pemantauan Gunung Api Bukittinggi, Suparmo, tinggi semburan abu vulkanik yang keluar dari gunung api itu mencapai 100-150 meter dari puncak kawah.

Gunung berketinggian 2.891 meter di atas permukaan laut (mdpl) tersebut menyemburkan abu vulkanik selama sekitar 10 menit pada pukul 07.15 WIB dan kembali memuntahkan abu selama 15 menit mulai pukul 08.10 WIB.

Tapi semburan abu vulkanik dari gunung itu tipis sehingga kemungkinan hanya jatuh di sekitar lereng gunung, kata Suparmo.

Dia menjelaskan, gunung api itu masih berstatus waspada II karenanya masyarakat sekitar gunung dan para pendaki diminta tidak memasuki kawasan dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

Aktivitas Gunung Marapi mulai meningkat tanggal 3 Agustus 2011 dan sempat mengeluarkan abu vulkanik berbau belerang dengan ketinggian mencapai 1.000 meter.

Sejak akhir abad 18 hingga 2008 tercatat gunung yang berdampingan dengan Gunung Singgalang dan Tandikek itu sudah 454 kali meletus, 50 di antaranya dalam skala besar.[ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU