Event Tegal Pesisir Carnival (TPC) yang digelar dalam rangka rangkaian Hari Jadi Kota Tegal (Jateng) ke 432, sukses digelar Sabtu (28/4) malam (Foto: Prayitno/Seruu.com)
Kalau masyarakat ingin karnaval ini diselenggarakan kembali, kami akan penuhi permintaan masyarakat. Pemkot Tegal akan selenggarakan karnaval ini lebih meriah lagi - Ikmal Jaya

Tegal, Seruu.com – Event Tegal Pesisir Carnival (TPC) yang digelar dalam rangka rangkaian Hari Jadi Kota Tegal (Jateng) ke 432, sukses digelar Sabtu (28/4) malam. Ribuan warga Kota Tegal dan sekitarnya menyemut memadati sepanjang rute karnaval. Peserta karnaval memulai start di depan Gedung DPRD Kota Tegal, kemudian berjalan sepanjang Jl Veteran – Jl A Yani – Jl Diponegoro – Jl K H Ahmad Dahlan dan finish serta melakukan display di Alun-alun Kota Tegal. 

Karnaval yang baru digelar pertama kali oleh Pemerintah Kota Tegal ini didukung oleh 1.000 peserta dari berbagai elemen masyarakat. Mulai dari pelajar sebanyak 300 peserta dari seluruh SLTA di Kota Tegal, dari instansi pemerintah seperti Polres Kota Tegal, Lanal Kota Tegal dan pegawai Pemkot Tegal.  

Karnaval yang dimotori oleh Rumah Karnaval Solo Indonesia juga dimeriahkan atraksi menarik dari Drum Band Cenderawasih dari Akademi Kepolisian (Akpol) Semarang. Usai display drum band, dimeriahkan oleh dentuman kembang api yang menyinari langit di atas Alun-alun Kota Tegal.

Dihadapan masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya yang menyaksikan secara langsung pesta Kota Tegal ini, Walikota Tegal H Ikmal Jaya SE Ak mengharapkan warga Kota Tegal dapat terhibur dengan adanya Tegal Pesisir Carnival. Walikota mengucapkan terima kasih atas antusiasme warga Kota Tegal yang berbondong-bondong menyaksikan gelaran ini. Meskipun baru dilaksanakan pertama kali di Kota Tegal dan belum maksimal, tetapi kalau masyarakat puas dengan gelaran ini, Pemkot Tegal akan mengagendakan kembali TPC menjadi agenda tahunan.

“Kalau masyarakat ingin karnaval ini diselenggarakan kembali, kami akan penuhi permintaan masyarakat. Pemkot Tegal akan selenggarakan karnaval ini lebih meriah lagi,” kata Ikmal Jaya.

Dalam karnaval ini peserta menampilkan aneka busana batik yang dirancang sedemikian rupa, sehingga terlihat sangat artistik dan mempesona. Masyarakat yang menonton pun berdecak kagum di sepanjang jalan yang dilaluinya. Dengan ditampilkannya batik khas Tegal, bertujuan untuk memasyarakatkan dan mengenalkan batik Tegal ke warga Kota Tegal sendiri maupun luar Kota Tegal.

Bambang Besut, Art Directur RKSI mengatakan karnaval ini akan menambah aset kesenian di Tegal Kota Bahari, yang diharapkan mampu menjadi  daya tarik tersendiri bagi masyarakat dari daerah lain untuk datang ke Kota Tegal. "Dengan karnaval ini, nama Tegal bisa dipamerkan kepada masyarakat  Internasional melalui berbagai media massa," tandas Bambang.

Artistic Director Rumah Karnaval Solo Indonesia (RKSI), Heru Prasetyo mengatakan penyelenggaraan karnaval semacam ini sudah pernah digelar di sejumlah kota seperti ‘Solo Batik Karnaval’ di Kota Solo, Semarang dan sejumlah kota lainnya. Tahun 2012 ini diselenggarakan di Kota Tegal mengusung tema ‘Tegal Pesisir Karnaval’.

“Semoga kegiatan ini ditindaklanjuti dengan karnaval tahunan dan tidak hanya berhenti di tahun ini saja,” kata Heru.

Direncanakan setiap tahun akan mengusung tema yang berbeda-beda. Tahun ini menampilkan pertunjukkan sebagai bagian dari sejarah di Kota Tegal. Selain itu sebagai embrio, seluruh peserta karnaval ini akan masuk dalam daftar di  Rumah Karnaval Solo Indonesia. [py]

KOMENTAR SERUU