Tobelo (Istimewa)

Tobelo, Maluku Utara, Seruu.com - Tobelo, ibukota Kabupaten Halmahera Utara di Maluku Utara, diproyeksikan menjadi destinasi wisata pertemuan dan perhelatan (MICE), baik di tingkat nasional hingga internasional.

"Ya, kami memiliki proyeksi demikian sebagai alternatif Manado yang telah ditetapkan pemerintah sebagai salah satu destinasi wisata MICE. Pelan-pelan namun pasti kami rintis demikian, dimulai dari Sail Morotai 2012," kata Kepala Dinas Pariwisata Halmahera Utara, Erasmus Papilaya, di Tobelo, beberapa hari lalu.

Infrastruktur pendukung ke visi itu sedang dirintis pemerintahan setempat. Hotel resort bintang lima akan dibangun di Pantai Pilawang dengan kapasitas kamar cukup memadai, sebagaimana halnya pelabuhan penyeberangan dan jalan raya dari Pelabuhan Sofifi ke Tobelo.

Baru-baru ini Tobelo menjadi tuan rumah Kongres ke-IV Aliansi Masyarakat Adat Nusantara, yang diikuti ribuan peserta anggota komunitas adat se-Indonesia. Selama dua pekan, Tobelo riuh-rendah dengan berbagai aktivitas terkait kongres itu; termasuk juga aktivitas seni dan budaya secara luar ruang.

Walau Tobelo memiliki hanya 39 hotel dan penginapan dengan kapasitas rerata 25 kamar per hotel, namun antusiasme masyarakat setempat tetap tinggi. Masyarakat setempat juga bersedia membantu panitia dan pemerintahan setempat dengan cara memberi kamar di rumah-rumah mereka untuk peserta menginap.

"Untuk Sail Morotai pada September nanti yang akan menjadi arena perdana, pemerintah Kabupaten Halmahera Utara dan Morotai telah sepakat untuk saling mendukung. Kami akan menjadi wilayah penyangga ke Morotai sehingga sebagian tamu dan peserta menginap di sini," kata Papilaya.

Untuk mencapai Morotai dari Tobelo hanya memerlukan waktu satu jam pelayaran kapal cepat dengan tarif terjangkau. "Intinya, jenis wisata apapun yang bisa dikembangkan di Tobelo --wisata bahari dan MICE-- harus bisa memberi kesejahteraan sebanyak mungkin bagi masyarakat umum," katanya.

Contohnya adalah penginapan dan jalur penyeberangan laut yang diyakini akan langsung dirasakan dampak pendapatan ekonominya pada masyarakat umum.[ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU