sektor pariwisata merupakan andalan pendapatan Mesir

Kairo, Seruu.Com - Menteri Pariwisata Mesir, Munir Fakhry Nur Abdel, menyatakan keyakinannya bahwa sektor pariwisata nasional akan memuncak ke tingkat seperti tahun 2010, sebelum jatuhnya Hosni Mubarak.

"Jumlah reservasi penerbangan tercatat telah melebihi tahun 2010. Artinya, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Mesir kemungkinan mencapai 13 juta orang," kata dia seperti dikutip alarabiya.net, Jum'at (27/4).

Murnir mengungkap pemesanan hotel di Mesir, saat ini telah mencapai 80 persen. sebagian besar hotel yang banyak dipesan berada di kawasan resort Sharm el-Sheikh dan Hurgada. Sementara di Kairo, masih ada sekitar 45 persen hotel yang belum terisi.

Abdel menambahkan bahwa pemesanan hotel saat ini mendekati 80 persen, seperti di resort Laut Merah, Sharm el-Sheikh dan Hurgada, sedangkan di Kairo masih sekitar 45 persen-an saja.

"Sektor pariwisata mulai berangsur pulih dengan jumlah wisatawan meningkat sebesar 32 persen pada kuartal pertama 2012,"ujar Abdel.

Pariwisata merupakan salah satu sumber utama pendapatan dan pekerjaan warga Mesir. Namun Industri itu terkena dampak parah akibat revolusi pemberontak yang menggulingkan mantan Presiden Mubarak pada Februari 2011 lalu.

Seperti diketahui, sektor pariwisata merupakan andalan pendapatan Mesir. Semenjak revolusi musim semi, sektor pariwisata Mesir yang paling terpukul. Kini, seiring membaiknya situasi politik negeri ini, sektor pariwisata mulai menggeliat kembali. Tercatat kuartal pertama tahun 2012, jumlah wisatawan naik 32 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. [ksr]

KOMENTAR SERUU