Air Terjun Bantimurung (Istimewa)

Seruu.com - Air Terjun Bantimurung, salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi di Sulawesi Selatan terutama waktu libur. Obyek wisata air terjun Bantimurung ini terletak di Kota Maros , kurang lebih berjarak 140 Km dari Kota Makassar Propinsi Sulawesi Selatan. dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum. Diteliti secara geografis, Obyek Wisata Bantimurung memiliki luas wilayah mencapai 6.619,11 km2.

Kelebihannya, tempat ini memiliki kesejukan udara dan keindahan alam, ditambah suara gemericik air terjun yang jatuh dari ketinggian 15 meter dan memiliki lebar 20 meter, Dan menjadikan Bantimurung sebagai obyek wisata andalan.

Tidak hanya itu, alam Bantimurung juga menyimpan kekayaan alam berupa hewan kupu-kupu. Alam Bantimurung jika ditempuh dari kota Makassar berjarak kurang lebih 30 km. Akan memakan waktu sekitar satu jam, jika menggunakan kendaraan pribadi. Namun jika dari bandara, jarak tempuh akan sedikit lebih dekat, sekitar 35 menit apabila menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum yang disebut pete-pete.Sebelum Anda Masuk di kawasan obyek wisata air terjun bantimurung, anda disambut dengan monumen kera sakti, dan sederatan penjual souvenir khas bantimurung (Kupu-kupu yang di awetkan) dan warung/ kedai kopi dan makanan khas daerah.

Keistimewaan kawasan ini yaitu mandi dibawah kucuran langsung air terjun, diatas batu raksasa sambil berselancar menggunakan pelampung meluncur kebagian kolam permandian alam dibawahnya, Anda dapat juga mandi dibeberapa kolam buatan sumber mata air alam pegunungan yang sangat sejuk.
Menuju ke sumber air terjun kira-kira 100 meter melalui pinggiran tebing gunung  dengan tangga-tangga batu , mandi dan berenang disumber air terjun ini bagaikan mandi dikolam alam raksasa dengan diding tebing gunung ,disekitarnya pepohonan yang rindang menghijau diselingi kicauan burung dan suara ayam hutan, sesekali terdengar sahutan monyet-monyet Bantimurung dari kejauhan.

Didalam kawasan wisata ini terdapat pusat pelestarian Kupu-kupu yang terbesar di Indonesia.Kupu-kupu disini merupakan salah satu obyek wisata yang sangat dijaga. Terutama dalam kepunahan. Maka pemerintah setempat membuat penangkaran lokasi, tentunya tidak mengurangi keindahan dan tetap menjadi daya tarik bagi wisatawan yang berkunjung. Selain penangkaran, dibuat juga museum kupu-kupu sebagai informasi dan pusat data kupu-kupu yang hidup di alam Bantimurung.

Jika anda ingin membeli cinderamata, disekitar areal pariwisata dijual souvenir berupa kupu-kupu yang sudah diawetkan dalam bingkai jumlah yang variatif. Dinding rumah anda dapat dihiasi dengan kupu-kupu beragam jenis warna begitu indah yang dapat dibeli dengan harga terjangkau.[ast]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU