Tanah Lot - Puri di tengah lautan

Nusa Dua, Seruu.Com - Wisatawan mancanegara tidak akan merasa jenuh mengunjungi Indonesia karena masih banyak objek wisata yang belum dikembangkan secara maksimal.

"Wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia tidak mungkin merasa jenuh mengunjung keindahan panorama alam, terlebih ke Bali yang terus melakukan terobosan-terobosan wisata baru, seperti wisata spa hingga wisata spiritual," kata Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sapta Nirwandar di Nusa Dua, Bali, Jumat (20/4).

Sapta yang ditemui seusai mewisuda sarjana Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Bali ke-18 mengharapkan komponen yang bergerak di bidang pariwisata agar cepat tanggap terhadap tantangan sektor ini ke depannya.

"Kita tidak pungkiri persaingan pengembangan pariwisata oleh negara-negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia dalam menarik kunjungan wisatawan ke negerinya," kata Sapta.

Karena itu, kata dia, pemangku kepentingan di bidang pariwisata harus memikirkan dan berbuat lebih kreatif dalam mengemas sektor jasa tersebut.

"Untuk tetap menjadi daerah tujuan wisata, maka sektor penunjang lainnya harus mampu bersinergi. Termasuk juga pelayanan terhadap turis yang datang ke objek wisata itu. Tanpa ada usaha ini memang untuk menghadapi persaingan pariwisata dengan negara lain akan menjadi berat," ucap mantan Dirjen Pemasaran dan Promosi Pariwisata Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata itu.

Dikatakan, strategi yang harus dilakukan untuk dapat meningkatkan kunjungan turis ke Indonesia adalah peningkatan di bidang pelayanan dan menata infrastruktur yang ada di objek wisata agar lebih menarik.

"Memang untuk mendatangkan wisatawan agar lebih banyak dan merata di daerah Indonesia adalah ketersediaan infrastruktur. Inilah yang harus kita pikirkan bersama," ujarnya. [mi]

KOMENTAR SERUU