Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisi X DPR-RI menyetujui dan mengesahkan tambahan anggaran Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dalam APBN-P 2012 sebesar Rp 270 miliar untuk pemasaran pariwisata. Pengesahan tambahan anggaran tersebut ditandatangani Sekjen Kemenparekraf Wardiyatmo dan anggota Banggar Komisi X DPR disaksikan Menparekraf Mari Elka Pangestu dan Wamen Parekraf Sapta Nirwandar dan Wakil Ketua Komisi X  DPR-RI Asman Abnur dalam Rapat Kerja di Gedung DPR Jakarta, Rabu (18/4/2012).

Menparekraf  Mari Elka Pangestu menyatakan, tambahan anggaran Rp 270 miliar akan digunakan untuk mendukung program pemasaran pariwisata yang tahun ini mentargetkan 8 juta kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia. Di antara program pemasaran pariwisata yang segera dilaksanakan antara lain persiapan Indonesia dalam pameran pariwisata terbesar dunia di ITB Berlin 2013. “Indonesia akan menjadi Official Partner Country ITB Berlin 2013, untuk ini perlu persiapan lebih awal,” kata Mari.

Wakil Ketua Komisi X  DPR-RI Asman Abnur mengatakan, semula Komisi X DPR-RI telah memperjuangkan tambahan anggaran Kemenparekraf dalam APBN-P 2012 sebesar Rp 325 miliar,  namun hasil dari rapat Banggar DPR-RI memutuskan sebesar Rp 270 miliar. Tambahan anggaran tersebut diharapkan akan memacu kinerja Kemenparekraf khususnya dalam program pemasaran pariwisata.

Sebelumnya  terkait dengan diterbitkan Peraturan Menparekraf Nomor 07/HK.001/MPEK/2012 tanggal 13 Pebruari 2012 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Parekraf,  Kemenparekraf mengusulkan anggaran tambahan dalam APBN-P 2012 sebesar Rp 350 miliar untuk membiayai kegiatan Ditjen Ekonomi Kreatif  Berbasis Seni dan Budaya serta Ditjen Ekonomi Kreatif Berbasis Media, Desain dan Iptek. [puskominfo]


 

KOMENTAR SERUU