Jogja: Harmony in Diversity (Kebudayaan Pariwisata/Seruu.com)

Sleman, Seruu.com - Kabupaten Sleman kembali akan mengelar event favorit berskala internasional Java Summer Camp (JSC) pada tanggal 8 – 10 Juni 2012 mendatang di Bumi Perkemahan Rama Shinta Kompleks Candi Prambanan Sleman Yogyakarta. Penyelenggaraan JSC tahun ini merupakan yang ke empat kalinya, menyusul setelah tahun 2009, 2010 dan 2011 silam. Tema yang diangkat pada JSC kali ini adalah “Jogja: Harmony in Diversity”.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Sleman    Drs. Untoro Budiharjo, MM, Selasa 10 April 2012 di kantornya Jl. KRT Pringgodiningrat No.13 Beran Tridadi Sleman Yogyakarta. Untoro menambahkan bahwa penyelenggaraan event JSC dimaksudkan untuk meningkatkan intensitas interaksi dan komunikasi budaya antar daerah maupun budaya asing di antara para peserta.

Java Summer Camp (JSC) merupakan ajang yang sangat strategis dalam upaya meningkatkan kohesivitas antar budaya untuk mencapai kehidupan berbangsa dan bernegara yang damai dan harmonis serta menciptakan perdamaian dunia. Sangatlah tepat event JSC diselenggarakan di DIY mengingat Yogyakarta kental dikenal sebagai kota budaya dengan wilayah yang penuh kedamaian sehingga menjadi pilihan masyarakat dari berbagai daerah maupun manca negara untuk belajar tentang budaya Jawa.

Diharapkan JSC merupakan wahana yang efektif dalam upaya merefleksikan komunikasi dan kerjasama positif antar pelajar, mahasiswa dan insan budaya dan pariwisata untuk mencapai tujuan mulia mengangkat martabat manusia sebagai insan yang cinta damai.

Sementara itu menurut Kepala Bidang Pengembangan Pariwisata Disbudpar Sleman      Dra. Shavitri Nurmala Dewi, MA selaku koordinator pelaksana, mengungkapkan bahwa JSC terbuka untuk umum bagi WNI dan WNA dengan persyaratan antara lain usia 18 – 30 tahun, pendidikan minimal SMA sederajad, sehat jasmani rohani dan menguasai bahasa Inggris aktif maupun pasif. Target peserta terbatas untuk 200 orang berasal dari pelajar dan mahasiswa luar daerah, pelajar dan mahasiswa manca negara, pramuka dan organisasi pemuda, maupun utusan perusahaan/ asosiasi.

Adapun fasilitas yang disediakan meliputi akomodasi tenda, konsumsi, T-Shirt, topi, ID card, sertifikat, workshop, outbound, menyaksikan sendratari Ramayana, field trip ke obyek-obyek wisata di Sleman, perawatan medis, keamanan, dan asuransi.

Shavitri menambahkan bahwa sistem rekruitmen yang diterapkan pada tahun ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang menerapkan “first come, first served”. Kali ini dilakukan proses seleksi terlebih dahulu berdasarkan kelebihan-kelebihan yang dimiliki peserta sebagaimana tertuang dalam biodata yang masuk ke pihak panitia. Proses seperti ini dilakukan untuk memilih calon peserta yang berkualitas yang dapat berkontribusi positif terhadap kegiatan JSC.

Proses rekrutmen peserta dimulai tanggal 12 April – 25 Mei 2011 dengan syarat mengumpulkan berkas pendaftaran, yang meliputi isian biodata, foto copi KTP/KITAS yang masih berlaku, foto copi ijazah SMA sederajad, foto warna ukuran 3x4 sebanyak 4 lembar. Apabila calon peserta dinyatakan dipilih yang dinyatakan dengan konfirmasi penerimaan atau letter of acceptance maka baru dapat melakukan pembayaran. Calon peserta yang dinyatakan diterima sebelum tanggal 15 Mei 2012 membayar biaya penyelenggaraan sebesar Rp.150.000,- per peserta dan setelah tanggal 15 Mei 2012 sebesar Rp.250.000,- per peserta.[guntoro]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU