Kupat Tahu Magelang di Pondok Lezat memang benar-benar terasa lezat di lidah. Perpaduan rasa asam dan manisnya, terasa sangat khas. Rasa pedasnyapun tidak setengah-setengah, dan selalu membangkitkan nafsu makan.

Purbalingga, Seruu.com - Bagi anda penggemar kuliner, tidak ada salahnya mencicipi kelezatan Kupat Tahu Magelang. Tak perlu jauh harus pergi ke Kabupaten Magelang, tapi cukup di kota Purbalingga (Jateng) saja. Pondok Lezat yang berada di Jalan Mayjend Panjaitan (Pertigaan Utara Kya-Kya Mayong), siap memanjakan lidah anda.

Kupat tahu Magelang berbeda dengan jajanan kupat tahu yang ada di Purbalingga maupun di Banyumas dan sekitarnya. Masyarakat Banyumas biasanya menyebut dengan Gecot atau geal-geol nang cocot. Jika dimakan, gecot ini akan menggoyang-goyang  di dalam cocot (mulut). Tahunya yang agak keras, membuat sedikit susah dikunyah. ”Tahu Gecot berbeda dengan kupat tahu Magelang. Meski bahan dasar utamanya sama yakni tahu, tapi rasanya boleh disandingkan,” ujar Pengelola Pondok Lezat, Eni Puspawati, Sabtu (7/4/2012).
            
Ada bahan spesifik yang membuat khas kupat tahu Magelang. Selain bahan dasar ketupat, dan tahu, juga ada bakwam, tauge dan kobis. ”Kalau tahu gecot, tanpa bahan bakwan dan tauge,” ujar Eni.
            
Lalu apa lagi yang menjadi ciri khas kupat tahu Magelang itu? Yang membedakan kupat tahu Magelang dengan kupat tahu di Banyumas atau dari daerah lain terletak pada kuahnya yang dicampur dengan kacang tanah goreng. Bumbu rempah yang tercampur dalam kuahnya adalah dari daun sereh, lengkuas, jahe, salam, kecap dan gula.
            
Selain itu, kupat tahu dalam satu piring juga terdiri dari irisan kol, tauge, bakwan, daun seledri plus kerupuk merah. Bahan yang beragam inilah yang membuat penasaran untuk segera dinikmati. Setelah kupat tahu mampir di lidah, begitu terasa nikmat. Apalagi, saat semua bahan diaduk dengan kuah rempah. Hmm, rasanya  mak nyusss..
            
Untuk bisa menikmati kupat tahu racikan Pondok Lezat ini juga tidak mahal. Cukup dengan Rp 7.000 per porsi sudah bisa menikmati mantapnya kupat tahu Magelang. Tidak seperti di Magelang, Eni tidak menyediakan kupat tahu spesial yang ditambah dengan telor dadar. Karena di Pondok Lezat, Eni sekaligus menjual berbagai menu makanan spesial untuk vegetarian.

Bangkitkan Kenangan
            
Menikmati kupat tahu Magelang yang menjadi ciri khas daerah ternyata bisa membangkitkan kenangan tersendiri. Terutama bagi orang Magelang yang berada di Purbalingga dan sekitarnya. Konon kupat tahu Magelang juga menjadi jajanan para militer yang tengah menjalani pendidikan di Akademi Militer Magelang. Tak pelak, para alumni Akmil yang sudah tersebar ke seluruh Indonesia, terkadang harus dilanda rasa rindu untuk menikmati kupat tahu Magelang.

Sejak Dua Tahun
            
Bisnis kupat tahu Magelang bukanlah bisnis pertama yang dijalani Eni. Semula Eni membuka rumah makan nasi rames di Jalan Banjaransari, Kelurahan Kembaran Kulon. Seiring dengan makin maraknya pertumbuhan kuliner di Purbalingga, Eni mencoba mengembangkan jajanan kupat tahu Magelang sejak dua tahun terakhir. ”Ternyata lumayan laris. Paling tidak sehari bisa menjual minimal 100 porsi,” ujarnya.
            
Eni mengakui, pesanan di pondoknya lumayan banyak. Pelanggannya, juga dari berbagai kalangan. Mulai dari pegawai kantoran hingga masyarakat biasa. ”Seringkali juga ada pesanan dari beberapa kantor. Mereka memesan untuk dibungkus dan dimakan di kantornya atau ada juga yang ramai-ramai datang ke sini,” ujar Eni seraya menambahkan, jika akan memesan bisa menelepon melalui nomor (0281) 5147674.
            
Salah seorang konsumen, Kodadiyanto mengungkapkan, meski bukan warga asli Magelang, namun menyukai kuliner kupat tahu Magelang. Warga Kecamatan Mrebet ini mengaku sudah beberapa kali menikmatinya. ”Perpaduan rasa asam dan manisnya, sangat khas. Rasa pedasnya juga tidak setengah-setengah, membuat nafsu makan bertambah,” ungkap Kodadiyantoyang menikmati kuat tahu Magelang, Sabtu (31/3) siang.
            
Kodadiyanto mengaku tidak pernah kecewa jika menikmati tahu kupat Magelang. Selain rasanya, tempatnya juga mudah dijangkau, nyaman dan layanannya cepat. [py]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (1 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU