pemenang 1 2 3 kiri ke kanan

Seruu.com - Foto obyek berjudul “Ritual Rambut Gembel” yang mengambil lokasi di Dieng Wonosobo karya Budi Prast dengan alamat Jl. Pacar 67-A Baciro Yogyakarta terpilih sebagai pemenang pertama dalam lomba foto wisata dan budaya Java Promo 2012. Dengan demikian fotografer asal Yogyakarta tersebut berhak atas hadiah uang sebesar Rp.10 juta. Demikian dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata dan Olah Raga Kabupaten Temanggung Drs. Subekti Prijono selaku Ketua Panitia Lomba Foto Wisata dan Budaya Java Promo 2012, Senin 2 April 2012 di kantor Sekretariat Java Promo Jl. Parasamya Beran Tridadi Sleman.

Terpilih sebagai pemenang kedua foto obyek Kota Magelang berjudul “Ruwat Bumi”, karya Bambang Wirawan dengan alamat Tempak Wetan RT 007/004 Tempak Candimulyo Magelang dan berhak atas hadiah uang Rp.7,5 juta. Sedangkan pemenang ketiga foto obyek Kabupaten Temanggung dengan judul “Tradisi Merti Dusun Bentisan 1” karya Anis Efizudin dengan alamat Krajan Muntung Candiroto Temanggung dan berhak atas hadiah uang Rp.5 juta.

Selain pemenang utama juga terdapat 15 foto pilihan untuk 15 kabupaten/ kota anggota Java Promo dengan hadiah uang masing-masing Rp.500 ribu, yaitu “Labuhan Merapi Sesudah Erupsi 2010” karya Gigih M. Hanafi – Sleman, Malioboro Street karya Timbul M – Kota Yogyakarta, “Andong Pantai”, karya Singih Prasetyo – Bantul, “Curug si Klothok” karya Andriyatmoko – Purworejo, “Pulang” karya Mira Dhanisari – Kebumen, “Menyambut Sang Fajar” karya Briandara Yossi – Kulon Progo, “Wisata Rawa Pening” karya Ahmad Samsudin – Kabupaten Semarang, “Melasti di Telaga Mandiro” karya Fitrianto Raharjo – Karanganyar, “Borobudur” karya Bambang Wirawan – Kabupaten Magelang, “Magelang Tempoe Doeloe” karya M. Bil Haidar – Kota Magelang, “Eksotisme Goa Pindul” karya Indro Gunungkidul – Gunungkidul,  “Telaga Panca Warna” karya Aniz Efizudin – Wonosobo, “Ogoh-ogoh” karya Clara Prima – Klaten, “Keabadian Sang Biru” karya Dionysius Agung Wardhianto – Boyolali, dan “Tradisi Merti Dusun Betisan” karya Aniz Efizudin – Temanggung.

Subekti menambahkan bahwa dalam penjurian lomba foto wisata dan budaya Java Promo 2012 dilakukan secara obyektif dan terbuka oleh dewan juri yang profesional di bidangnya, yaitu Herry Wiyanto asal Magelang, Toni Suria asal Yogyakarta dan Widiantono asal Semarang pada tanggal 30 Maret 2012 di Sekretariat Java promo. Menurutnya animo kepesertaan dalam lomba foto ini sungguh luar biasa dan diluar dugaan sebelumnya. Jumlah pengirim tercatat 264 fotografer dengan 1.007 karya foto, setelah diseleksi sesuai dengan persyaratan yang ditentukan lolos 257 fotografer dengan 980 karya foto. Sedangkan yang tidak lolos seleksi sebanyak 7 fotografer dengan 27 karya foto.

Obyek foto yang masuk ke panitia per kabupaten/ kota anggota Java Promo, sbb: Kota Yogyakarta 200 karya foto, Sleman 153, Bantul 87, Gunungkidul 131,  Kulon Progo 39, Boyolali 20, Karanganyar 44, Klaten 32,  Temanggung 14, Wonosobo 49, Kabupaten Semarang 48, Kabupaten Magelang 87, Kota Magelang 15, Purworejo 20, Kebumen 11, dan luar lokasi sebanyak 30 karya foto.

Sementara itu Ketua Pelaksana Harian Java Promo Drs. Julisetijono Dwi Warsito, MM mengungkapkan bahwa lomba foto yang digelar pertama kali oleh Sekretariat Java Promo ternyata mendapat sambutan luas dari masyarakat dari berbagai daerah. Ini menunjukkan bahwa wadah promosi pariwisata bersama dari anggota Java Promo dinilai cukup efektif dalam mempromosikan potensi pariwisata dilingkungan Java promo.

Terkait dengan keberhasilan lomba foto ini Julisetijono memberikan apresiasi terhadap peran serta aktif dan dukungan dari semua Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di kabupaten/kota yang tergabung dalam Java Promo maupun semua para peserta lomba foto. Lomba foto ternyata juga menjadi wahana yang efektif dalam upaya mengenalkan dan mempromosikan potensi obyek wisata di lingkungan Java Promo. Karena ternyata peserta lomba foto tersebut justru sebagian besar bukan berasal dari daerah lokasi obyek yang diambil, namun berasal dari daerah lain. Bahkan banyak juga peserta lomba foto yang berasal dari luar anggota Java Promo. Julisetijono mengharapkan agar kunjungan wisatawan di kabupaten/ kota anggota Java promo dapat lebih meningkat di tahun-tahun mendatang.[war]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (1 rates)
Rating
KOMENTAR SERUU